Mobil Pertama John Lennon Laku Rp 5,2 Miliar

LONDON — Mobil pertama yang dimiliki musisi legendaris John Lennon berhasil memecahkan rekor penjualan sebesar USD 543 ribu atau sekitar Rp 5,2 miliar dalam lelang di Goodwood Festival of Speed Chichester, Inggris.

Menurut laman Telegraph, Sabtu (13/7), Ferrari 330 GT versi Coupé berwarna biru tersebut merupakan mobil pertama John Lennon yang juga musisi group The Beatles. Mobil ini adalah salah satu dari 500 jenis lainnya yang diperkirakan sebelumnya hanya senilai 180- 220 ribu poundsterling.

Mobil itu dilelang bersama dengan sejumlah dokumentasi sejarah termasuk korespondensi Lennon yang menarik minat penggemarnya di Amerika, Australia, dan China.

Pada Februari 1965 The Beatles merekam album “Ticket to Ride” yang berisi lagu hits terbesar mereka. Pada bulan yang sama, John Lennon  lulus tes mengemudi dan menjadi berita utama di seluruh Inggris.

Dalam beberapa jam, jalan di luar gerbang rumah Lennon di Kentwood Weybridge, Surrey, penuh sesak dengan berbagai merk mobil mewah untuk ditawarkan seperti Maserati, Aston Martins, dan Jaguar E-type.

Namun, penyanyi ini kemudian memilih Ferrari 330GT Coupé berwarna biru Azzuro, dengan interior biru, seharga 6500 Poundsterling. Hingga Oktober 1967 mobil ini telah menempuh perjalanan sejauh 20.000 mil atau 32.186 km. (esy/jpnn)