Mobil PDT Banyak Tak Tepat Sasaran

TUBEI, BE – Keberadaan mobil bantuan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) bagi sejumlah desa di Lebong banyak tidak tepat sasaran. Sebab, banyak desa yang lebih layak menerima justru tidak diberikan.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Lebong M Gustiadi meminta agar Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Perhubungan menginventarisir mobil bantuan yang diberikan tersebut.”Ini perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas bantuan. Apakah mobil bantuan itu masih ada dan kondisinya bagaimana,” ucap pria yang akrab disapa Edi Tiger ini.

Sejumlah mobil yang diberikan ke Kabupaten Lebong mulai dari truk, pick up Mitsubishi Strada, Mitsubishi Colt Diesel dan lainnya. Seharusnya untuk pembagian kendaraan bantuan PDT tersebut harus melihat bagaimana kondisi jalan desa, sarana transportasi umum dan jarak desa ke pusat kota.

“Nah saya mendapat laporan jika seperti Desa Ketenong tidak dapat kendaraan PDT. Padahal untuk kondisi jalan desa tersebut layak untuk mendapatkan kendaraan bantuan PDT.  Ke depan ini benar-benar diperhatikan, apalagi saat ini kita kembali mendapatkan bantuan mobil PDT sebanyak 9 unit. Kita harap bantuan tersebut dapat tepat sasaran,” kata Edi Tiger.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Perhubungan H Taufik Andari SPd MPd mengatakan jika di tahun 2012 ini, Kabupaten Lebong kembali mendapatkan bantuan sebanyak 9 unit kendaraan roda empat jenis Mitshubishi Colt Diesel yang akan dibagikan untuk desa-desa tertinggal yang ada di Kabupaten Lebong.

“Saat ini kita masih melengkapi beberapa administrasi terkait bantuan tersebut sebelum dibagikan ke desa-desa yang dinilai sulit dalam hal transportasi. Namun untuk desa mana saja kita belum tahu, kita lihat saja nanti,” jelas Taufik.(**)