Mobil Hemat Energi Karya Anak Negeri

020139_666799_mobil_unhasMAKASSAR – Prototipe Mobil hemat energi buatan anak Negeri resmi diluncurkan di Pelataran Rektorat Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan,  Kamis (9/10). Mobil ini dibuat oleh tujuh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Unhas yang tergabung dalam Tim Anging Mamiri.

Mobil yang diberi nama Egrecif ini hanya membutuhkan satu liter bensin dengan jarak tempuh 80 kilometer. Rencananya, Egrecif akan diikutkan lomba pada di Institute Teknologi Surabaya (ITS) 16 Oktober 2014 mendatang.

Manager Tim Anging Mamiri, Sandi Dasaril mengatakan pembuatan Egrecif hanya membutuhkan biaya Rp 20 juta. Menurutnya, hanya butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikan mobil yang bisa memuat satu orang penumpang.

“Kita mulai kerjakan pasca Idulfitri. Tujuh orang anggota tim sih yang terdaftar di lomba kemarin, namun yang kerja tidak hanya tujuh orang, tapi dibantu teman lainnya,” jelasnya  di pelataran Rektorat Unhas.

Apa yang membuat mobil ini bisa hemat energi? “Paling utama itu bebannya. Semakin ringan bebannya semakin hemat bensin yang digunakan,” kata Sandi seperti yang dilansir Fajar Online (Grup JPNN.com). (ysd/awa/jpnn)