Mobil BUMDes Seluma Segera Dibagikan

Sebagian kendaraan mobil desa yang tidak terawat oleh Kades.

TAIS, bengkuluekspress.com – Kabupaten Seluma pada anggaran 2021 kembali menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang transportasi BUMDes. Pada tahun anggaran ini, Seluma mendapatkan mode transportasi untuk pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebanyak 9 unit. Mobil ini akan diberikan pada BUMDes yang telah memiliki badan hukum serta teregister di bagian hukum Sekretariat Daerah (Setda).

“Dalam waktu dekat ini akan dibagikan, sekarang mobilnya sudah siap dan tinggal pembayaran dari BPKD Seluma,” tegas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Seluma, Erlan Suadi MAp.

Dijelaskan, moda transportasi BUMDes ini akan segera di bagian kepada 9 BUMDes pada September ini. Saat ini, masih dalam proses pemasangan stiker mobil. Ditambahkan, BUMDes yang menerima ini merupakan BUMDes yang telah menyampaikan usulan sebelumnya. Namun, BUMDes yang menerima ini haruslah BUMDes yang berbadan hukum jelas. Serta memiliki usaha yang memang membutuhkan mode transportasi.

“Sesuai usulan, BUMDes ini kebanyakan angkutan umum dan barang,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa, BUMDes yang menerima mobil mode transportasi ini diantaranya, yaitu Desa kembang Seri, Desa Kampai dan Desa Muara Danau Kecamatan Talo. Kemudian Desa Sengkuang Kecamatan Seluma Selatan. Yang menerima ini merupakan BUMDes, bukan desa. Sehingga, mobil tersebut dipergunakan untuk kepentingan BUMDes saja, bukan untuk kepentingan pribadi Kades. Kemudian, mobil ini tidak lagi berplat merah karena sudah dihibahkan ke BUMDes sehingga plat nomornya berplat kuning.

“Kita berharap pengurus BUMDes merawat dan menjaga mobil tersebut. Karena untuk menunjang kegiatan BUMDes masing-masing desa,” tandasnya. (333)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*