Mobil BUMDes Dibagikan 17 Agustus

bumdes
Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekspress – Selangkah lagi, 29 unit mobil desa untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dibagikan. Pembagian mobil desa ini direncanakan dilakukan pada saat upacara 17 Agustus nanti. Saat ini, mobil BUMDes sudah siap untuk dibagikan kepada desa yang sudah terdaftar, serta sudah memiliki BUMDes aktif dan berbadan hukum.

“Saat ini proses pembeliannya sudah selesai. Kemudian reviewnya juga sudah selesai. Tinggal pembagian saja kepada BUMDes penerimanya,” tegas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Erlan Suadi, SP MP kepada Bengkulu Ekspress kemarin (5/8).

Saat ini proses review terhadap BUMDes penerima juga sudah selesai dilaksanakan. Menurutnya, pembelian sebanyak 29 unit mobil desa ini bersumber dari Dana DAK Dinas Perkim. Dengan pengadaan berpedoman pada E-Katalog untuk penetapan harganya.

“Mobil tersebut sudah langsung diberi merek mobil BUMDes, serta sudah berplat kuning. Artinya Pemkab Seluma sudah menyerahkan sepenuhnya kepada desa agar mobil BUMDes dikelola dengan baik oleh mereka,” tegasnya lagi.

Hal yang harus menjadi perhatian, mobil BUMDes tersebut bukanlah mobil operasional untuk kepala desa, tetapi untuk operasional BUMDes. Untuk mendorong BUMDes di Kabupaten Seluma agar berkembang bidang usahanya. Selain itu untuk desa yang belum mendapatkan mobil desa. Diharapkan segera membentuk BUMDes yang berbadan hukum sah. Kemudian bisa mengajukan ke Dinas Pekrim.

Serta akan diusulkan pada 2020 mendatang. Agar menerima bantuan kendaraan operasional BUMDes. Setelah kendaraan diserahkan penuh kepada desa. Maka dari pembayaran pajak sampai biaya operasional dan perawatan.“Desa juga harus membayar pajak kendaraan BUMDes,jika tidak maka Pemkab Seluma melalui Dinas Perkim bisa melakukan penarikan,” imbuhnya. (333)