BMKG Bengkulu Ingatkan Masyarakat Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Bengkulu, Klaus Johannes Apoh Damanik, ST
Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Bengkulu, Klaus Johannes Apoh Damanik, ST

BENGKULU, BE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas 1 Bengkulu, menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat di Provinsi Bengkulu, mewaspadai potensi terjadinya hujan dimusim pancaroba. Dengan intensitas hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang untuk beberapa hari mendatang.

“Beberapa hari kedepan curah hujan tinggi, disertai dengan angin kencang. Masyarakat hendaknya lebih berhati-hati. Intensitas hujan yang tinggi bisa menyebabkan sungai meluap,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Bengkulu, Klaus Johannes Apoh Damanik, ST saat diwawancara BE pada Kamis (10/9).

Musim pancaroba dari kemarau ke penghujan ini dimulai dari September hingga puncaknya Oktober mendatang. Tanda awal peralihan musim itu, terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dalam rentan waktu yang berdekatan. Selain itu juga cuaca ekstrem juga menjadi tanda permulaan musim pancaroba, misalnya dari cuaca panas tiba-tiba turun hujan lebat.
“Perlu diwaspadai juga cuaca ekstrem yang tiba-tiba bisa terjadi dimusim pancaroba ini,” kata Klaus Johanes.

Klaus Johanes juga mengimbau masyarakat yang melakukan aktivitas di luar ruangan untuk selalu berhati-hati. Jangan berada di bawah pohon besar untuk menghindari jika pohon tumbang. Jangan berada di daerah yang rawan longsor.
Berikutnya, selalu mempersiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan, seperti payung dan jas hujan. Hal ini dikarenakan hampir seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, turun hujan.

Beberpa wilayah di Provinsi Bengkulu, dilanda hujan lebat disertai angin kencang, seperti Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur. (Mg2)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*