Minyak Mentah Mau Dijual ke BS

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dari hasil pengembangan sementara yang dilakukan, penyidik Subdit Tipidter Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bengkulu berhasil mengungkap penyaluran minyak mentah sebanyak 10 ton diduga ilegal asal kayu, Sumatera Selatan, yang diamankan Rabu (31/1). Sopir mobil pembawa minyak mentah itu AS mengungkapkan, minyak mentah itu mau dijual ke Bengkulu Selatan.

“Dari hasil pengembangan yang dilakukan tim penyidik kepada tersangka AS, minyak tersebut di jual ke Bengkulu Selatan dan kemungkinan pelaku bisa bertambah nantinya,” jelas Dit Rekrimsus Polda Bengkulu Kombes Pol Drs Herman MM melalui Panit Tipidter Reskrimsus Polda Bengkulu Ipda Reno Wijaya SE, kemarin (1/1).
Menurut pengakuan AS, setelah minyak tersebut diserahkan pada pada pemesannya inisial D, minyak mentah tersebut langsung dioplos sebelum dijual kepada masyarakat atau pengecer.

Sementara itu, pelaku AS hanya mengambil upah dari pengangkutan minyak tersebut sebesar Rp 1 juta setiap kali mengangkut minyak tersebut.

“Saat ini kita masi melakukan pengembangan terhadap AS untuk meringkus pemilik minyak mentah ini. Termasuk kemungkinan tersangka lain yang terlibat dalam penyelundupan minyak mentah ini,” terang Reno.

Sekedar mengingatkan pada selasa dinihari 02.30 WIB Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Subdit Tipidter Polda Bengkulu, berhasil mengamankan truk Mitsubishi Canter BG 8182 UY di salah satu warung makan di kawasan gunung Bengkulu Tengah (Benteng). Truk itu membawa 10 ton minyak mentah asal sekayu, Sumatera Selatan. Sekarang ini baik pelaku dan barang bukti minyak tersebut masih diamankan di Mapolda Bengkulu demi penyelidikan lebih lanjut nantinya. (529).