Minta Tambah Armada Damkar

Ary/Bengkulu EkspressArmada Damkar yang dimiliki Dinas Damkar Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Melalui APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 ini, Dinas Damkar Rejang Lebong mengusulkan penambahan jumlah armada. Kepala Dinas Damkar Rejang Lebong, Drs Sumardi MSi mengaku jumlah armada Damkar baru yang mereka usulkan dalam APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 3 unit.

“Dalam APBD Perubahan 2019 ini, kita mengajukan penambahan armada Damkar sebanyak tiga unit,” kata Sumardi.

Menurut Sumardi, pihaknya perlu menambah armada Damkar, karena saat ini jumlah armada damkar yang ada baru 12 unit, baik mobil pemadam kebakarannya sendiri maupun mobil tangki penyuplai air saat terjadi kebakaran.
Rinciannya, mobil untuk pemadam kebakaran sebanyak 9 unit, mobil penyuplai air sebanyak 3 unit sehingga dibutuhkan 3 unit lagi.”Jenis armada yang kita usulkan adalah penyuplai air,” tambah Sumardi.

Menurut Sumardi, tambaha penyuplai air tersebut nantinya diharapkan bisa menunjang kinerja dari armada pemadam kebakaran yang sudah ada saat ini, sehingga menurutnya saat terjadi kebakaran bisa dengan mudah ditangani karena semakin lengkapnya armada yang dimiliki oleh Dinas Damkar Kabupaten Rejang Lebong.Tak hanya mengajukan pembelian tiga unit armada pemadam kebakaran, Dinas Damkar Rejang Lebong juga mengajukan pengadaan baju tahan api sebanyak dua stel.

Sebab, saat ini Dinas Damkar Rejang Lebong baru memiliki dua stel baju tahan api. Dengan hanya ada dua stel tersebut, maka saat terjadi kebakaran, petugas yang bisa masuk ke lokasi kebakaran hanya dua orang.”Bila nanti ada tambahan baju tahan api, maka nanti bisa 4 petugas kita yang masuk ke lokasi untuk membantu korban,” terangnya.

Terkait dengan personel yang dimiliki oleh Dinas Damkar Rejang Lebong, Sumardi mengaku jumlah personelnya sebanyak 144 orng yang tersebar di markas Dinas Damkar Rejang Lebong di Jalan Sukowati Curup maupun di pos Damkar yang sudah terbentuk di beberapa kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong seperti di pos Damkar di Kecamatan Selupu Rejang, Pos Damkar Kota Padang, Pos Damkar Padang Ulak Tanding dan Pos Damkar Kecamatan Bermani Ulu Raya.(251)