Minta Dibangun Kebun Binatang

foto1.Kadisparpora Mukomuko menerima proposal usulan bangun kebun binatang dari desa Surian Bungkal.

Surian Siapkan Lahan 3,5 Hektar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat di Desa Surian Bungkal Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko melalui perangkat desa setempat melakukan terobosaan untuk memajukan desa dan kabupaten Mukomuko. Warga di desa itu, meminta agar pemerintah membangun kebun binatang di daerah tersebut. Bahkan warga setempat telah menyiapkan lahan sekitar 3,5 hektar.

“Untuk lahan sekitar 3,5 hektar sudah siap, dan bukti hibah dari warga sudah ada sehingga resmi milik desa,” sampai Kades Surian Bungkal, Nasution, kemarin (16/7) pagi ketika langsung menemui Kadisparpora Mukomuko.

Disampaikan Kades, usulan maupun permohonan agar pemerintah membangun kebun binatang. Sebab selain di kabupaten Mukomuko belum ada, juga dalam rangka meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat. “Untuk membangun kebun binatang membutuhkan anggaran yang besar. Karena itu, kami usulkan ke pemerintah dengan harapan terealisasi dan tidak hanya sekedar wacana. Sedangkan untuk lahan sudah siap, kondisi di lahan tanaman durian dan pohon liar,”tegasnya.

Ia juga menyampaikan, jika direalisasikannya pembangunan kebun binatang. Selain menjadi salah satu objek wisata baru di daerah ini, juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Surian Bungkal dan sekitarnya serta akan mengurangi angka pengangguran.

Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, Apriansyah ST MT didampingi Sekretaris Darmadi sangat tertarik dengan usulan dari Pemerintah Desa Surian Bungkal.”Usulan proposal telah disampaikan ke Disparpora, telah kami terima, dan akan disampaikan ke Bupati,”katanya.

Menurutnya, jika telah mendapatkan petunjuk lebih lanjut dari kepala daerah. Jajarannya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Diantaranya pihak BKSDA, Kehutanan, Lingkungan Hidup dan pihak terkait lainnya. ”Kami juga pelajari dan mengkaji lebih lanjut terkait aturan-aturan. Rencana akan dibangunnya kebun binatang tersebut,” lanjut Darmadi.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*