Minta DD Segera Dicairkan

foto Kepala DPMD Bengkulu Utara, Ir Budi Sampurno

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mengharapkan Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap pertama dicairkan Maret ini.  Untuk itu, Pemerintah Desa diminta segera membuat usulan untuk proses pencairan.

“Kita harapkan proses pencairan tahap pertama ini tidak ada keterlambatan. Jangan sampai terlambat sehingga pembangunan tidak selesai, kita tidak ingin seperti itu,” kata Kepala DPMD Bengkulu Utara, Ir Budi Sampurno.

Budi menambahkan, apabila tahap pertama bisa dikucurkan Maret ini, untuk tahap kedua bisa dikucurkan pertengahan tahun dan tahap ketiga bisa dilakukan pada bulan Oktober atau November. “Jadi, kita harapkan kepada seluruh pemerintah desa untuk segera mengajukan usulan proses pencairan tahap pertama dibulan ini sehingga di bulan April DD sudah bisa ditransfer ke desa,” ujarnya. Lebih lanjut Budi menyampaikan, untuk DD sendiri saat ini sudah ada di kas daerah untuk posisi tahap pertama pencairan 20 persen, dan untuk tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen.



“Untuk tahap pertama 20 persen atau Rp 33 miliar lebih sudah siap, tergantung dari pemerintah desa saja,” ungkapnya.

Selain itu, Budi juga menuturkan bahwa untuk Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak Rp 169 miliar dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (BHPRD) Rp 1,5 miliar dan Dana Desa sebesar Rp 239,5 miliar.  “Nah, ini semua baik ADD, BHPRD dan DD sudah masuk di desa dan sudah dibuat APBDes perencanaan desa untuk penggunaan di tahun 2019. Sekarang semua berproses, Perbup semuanya sudah clear tinggal desa membuat usulan untuk dicairkan,” tukasnya.(127)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*