Minta Bangun JUT

Foto : Ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Belum pernah tersentuh pembangunan jalan usaha tani (JUT) sejak 3 tahun terakhir, warga Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong mengadu kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong. Seorang warga Desa Garut, Sarino mengatakan, bahwa terkhusus JUT yang dibangun di Kecamatan Amen oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP) maupun Dinas Pertanian dan Perikanan, hanya dibangun di desa-desa tertentu saja.

“Hampir 5 tahun terakhir ini, Desa Garut belum pernah dapat,” jelasnya, kemarin (11/3).

Ditambahkan Sarino, JUT sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Desa Garut. Dengan adanya JUT, masyarakat yang akan menuju atau dari kebun, sawah atau ladang serta ketika membawa hasil pertanian akan sangat membantu.
“Untuk itulah kami berharap adanya pembangunan JUT di desa kami,” harapnya.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua (Waka) II DPRD Kabupaten Lebong, Azman May Dolan SE mengatakan, bahwa JUT sangatlah penting untuk memperlancar mobilitas pertanian. Dimana sebelumnya dalam pembangunan JUT, anggarannya didapat dari Dana Alokasi Khusus atau Umum (DAK dan DAU).



“Nanti kita akan kita tanyakan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait atas keluhan masyarakat Garut,” sampainya.

Ditambahkan Waka II, jika JUT saat ini belum dibangun, pihak Desa bisa membangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) yang selama ini didapati. Karena dalam melakukan pembangunnya menggunakan DD bisa terjangkau.
“Namun jika tidak apa yang diharapkan warga, akan kami perjuangkan,” tutup Azman May Dolan.(614)