Minim SDM, Bumdes Tak Jalan

TAIS, bengkuluekspress.com – Dari 182 desa di Kabupaten Seluma, ternyata hanya 30 desa saja yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sudah aktif dan sudah berjalan. Sekalipun demikian masih banyak Bumdes yang tidak berjalan dengan alasan masih minimnya Sumber Daya Manusia(SDM) lah yang membuat Bumdes tidak berjalan maksimal dan menjadi permaslahan utama.

“Selain SDM juta terkendala jenis usaha Bumdes yang tidak masuk hitungan dan sudah banyak dilakukan warga,” tegas Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Drs Jun Fadlillah kepada wartawan.

Ditambahkan, akibat jenis usaha Bumdes banyak sama di tengah masyarakat lakukan. Seharusnya, jenis usaha yang tidak dilakukan di tengah masyarakat dan di butuhkan di kalangan masyarakat sendiri. Sehingga jenis usaha inilah yang sudah mendapatkan rekomendasi dan terus di suport dengan anggaran penyertaan modal untuk Bumdes dari angaran Dana Desa (DD).

“Jika memang jenis usaha dibutuhkan, maka desa bisa menyertakan modal ke Bumdes tersebut. Namun tetap harus ada kajian juga,” sampainya.

Dibeberkan, Dinas PMD juga menyurati agar desa yang belum memiliki BumDes untuk membuatnya. Dengan catatan, harus berbadan hukum dan memiliki bidang usaha yang di butuhkan tengah tengah masyarakat.

“Jika memang aktif maka desa akan memperoleh hasil,” tegasnya.

Menurutnya, desa melalui BumDes juga harus menggali potensi desa untuk mengelola objek wisata di desa tersebut. Sehingga desa dan BumDes akan menerima manfaat dari pengelolaan pariwisata desa. Seperti Desa Napal Jungur dan Desa Mandan.

“Desa juga harus menggali potensi pariwisatanya agar bisa dikelola dengan baik,” imbuhnya singkat. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*