Minggu Depan, Sertifikasi Guru Cair

BENGKULU, BE – Apabila tak ada aral melintang, minggu kedua Bulan November mendatangtunjangan sertifikasi guru cair. Saat ini, Dispendik bersama DPKKA sedang memasukkan mata anggaran tunjangan sertifikasi ini dalam APBD-Perubahan. Mengingat tunjangan triwulan ke 3  tahun 2012  sebesar Rp 13,007 miliar ini tak masuk dalam APBD-Perubahan. Meskipun saat ini, anggaran tunjangan ini sudah ada di Kas Pemerintah Kota Bengkulu.

Kadispendik Kota Bengkulu, Yunirhan MPd melalui Kasubag Keuangan Sohida SE mengakui bahwa hingga saat ini tunjangan sertifikasi tersebut belum dicairkan. Karena berkaitan dengan sistem pencairan pemerintah kota yang harus dilaluinya. Selain itu, tunjangan ini belum masuk dalam APBD-P sehingga, jalur pencairannya tidak bisa dilakukan sesegera mungkin.

“Tapi saat ini proses perubahan tersebut sudah kita lakukan. Insyallah minggu depan tunjangan ini dapat dicairkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Bengkulu Mukhtarimin SPd mengaku sangat kecewa dengan sistem birokrasi yang sangat berbelit. Sehingga pencairan tunjangan sertifikasi yang seharusnya sudah dapat dicairkan dengan mudah terlambat. Hal itu terjadi lantaran pemerintah tidak memasukkan mata anggaran tersebut pada daftar APBD-P. Sehingga, anggaran yang sudah masuk kerekening pemerintah kota ini harus mengendap.

“Kami tetap mendesak pencairan ini dengan segera,” ungkapnya.
Kondisi ini diharapkan PGRI dapat menjadi pelajaran bagi Dispendik dan Pemerintah Kota Bengkulu. Bahkan dia menganjurkan agar masalah ini segera dikonsultasikan dengan Kemendiknas dan Depertemen Keuangan pada saat Rakor. Sehingga permasalahan yang serupa tidak terjadi kembali dan guru dapat menerima haknya tepat waktu. (128)