Minat Pria Baca Buku Rendah

KOTA MANNA, BE – Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Bengkulu Selatan (BS), Hj Sri Gusti Sabana SH mengungkapkan, sejauh ini minat baca kalangan pria di BS kurang dibandingkan kalangan perempuan.
Hal itu dilihat dari jumlah kunjungan warga BS yang selalu membaca buku di perpustakaan daerah.
“Dari daftar kunjungan ke perpustakaan daerah, pengunjungnya paling banyak wanita,” katanya.
Dikatakan Sri Gusti, pada Januari 2015 lalu, jumlah pengunjung perpustakaan mencapai 837 orang atau rata-rata perhari sekitar 40 pembaca. Dari jumlah tersebut sebanyak 572 kalangan perempuan sedangkan pria hanya 265 orang.
Lalu dibulan Februari 2015 hingga Senin (23/2), jumlah pengunjung yang datang sebanyak 776 orang, dengan rincian pengunjung perempuan sebanyak 606 sedangkan pria hanya 170 orang. “Sepertinya kaum pria kurang berminat baca buku,” ujarnya.
Padahal, sambung Sri, adanya perpustakaan daerah ini diharapkan mampu menambah wawasan dan ilmu bagi warga BS. Sebab buku-buku yang dipajang di perpustakaan beraneka ragam, mulai dari ilmu pertanian, pertukangan, buku pendidikan di sekolah, hingga buku-buku jenis lainnya.
“Buku adalah pusat ilmu, kami harap ke depannya minat warga BS untuk rajin membaca semakin meningkat, sebab buku-buku yang kami sediakan, buku-buku yang bagus untuk menambah ilmu,” harap mantan Kepala Kesbangpol BS ini.(369)