Minat Dokter Mengabdi di Seluma Kurang

TAIS,Bengkulu Ekspress – Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seluma melalui Dinas Kesehatan untuk mendatangkan dokter ke Bumi Serawai Serasan Seijoan belum berhasil sepenuynya. Minat dokter memngabdi di Kabupaten Seluma, ternyata kurang. Dari 15 lowongan dokter yang dibutuhkan sejauh ini baru 8 orang dokter saja yang mendaftar.

“Memang peminat dokter untuk bertugas di seluma sangatlah minim. Terbuktui lowongan sudah kita buka lebar namun hanya 8 orang saja,” sampai Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Seluma Khaidir Muchtar Ssos kepada BE beberapa hari lalu.

PAdahal untuk memenuhi kebutuhan dokter tersebut, Pemda Seluma sudah menganggarkan dana untuk membayar gaji dokter kontrak di Kabupaten Seluma tersebut, sebesar Rp 3 milliar. Anggaran ini untuk membayar gaji dokter honor tersebut yang bakal ditugaskan di 10 Puskesmas yang belum ada dokternya di Kabupaten Seluma.

Dari sebanyak 22 Puskesmas yang ada di daerah Seluma. Selakn itu, juga untuk membayar honor bidan PTT juga sebanyak 115 orang. Bidan PTT yang ditugaskan di daerah pedalaman di Kabupaten Seluma tahun ini kembali ditugaskan. Ditambah lagi, Dinkes Seluma merekrut tenaga analis, tenaga kesehatan lingkungan, serta tenaga farmasi untuk ditempatkan di 22 puskesmas. Karena untuk kepentingan akreditasi puskesmas yang mengharuskan untuk melengkapi tenaga medis di seluruh puskesmas.

“Semua puskesmas harus sesuaai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan,” tegasnya
Adapun Puskesmas yang belum ada dopkternya itu antara lain, Puskesmas Cahaya Negeri, Talang Tinggi, Tumbuan, Sukamerindu, Ilir Talo, Penago II, Muara Maras, Gunung Kembang, RGM dan Puskesmas Ulu Talo. (333)