Minat Baca Masyarakat Rendah

buku
foto:ist

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Minat baca masyarakat Kabupaten Kaur masih terbilang sangat rendah. Indikatornya, jumlah pengunjung rata-rata perhari di Dinas Perpustakaan Kabupaten Kaur hanya di kisaran 15 sampai 25 orang. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Perpusda Kaur, Muljunias ST kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (19/6).

“Memang saya akui minat baca masyarakat khususnya pelajar di Kabupaten Kaur ini masih sangat kurang sekali. Kalau ada juga paling mereka pinjam buku, dan jarang yang baca di dalam perpustakaan,” terangnya.

Dikatakan Muljunias, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca masyarakat. Diantaranya kondisi kantor yang jauh dari pemukiman penduduk serta minimnya promosi. Nah untuk koleksi buku sendiri, sejatinya tidak ada masalah. Dari tahun 2012 sampai dengan 2019, sudah ada sekitar 20 ribu buku yang terdiri buku-buku agama, pelajaran sekolah dan lain sebagainya.



“Mungkin saja faktor rasa malas dari masyarakat juga, sehingga pengunjung perpustakaan kita masih minim. Padahal dari jumlah buku, kita sudah sama dengan perpustakaan daerah lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya akan terus mendorong minat baca masyarakat. Salah satunya dengan melalui mobil perpustaakan keliling. Selain itu juga pihaknya sekali seminggu akan berkunjung ke sekolah-sekolah, dan juga akan mengadakan lomba baca dan menulis.

“Kita sudah ada perpustakaan keliling, tapi yang baca dari masyarakat itu masih minim sekali. Kita harap pada masyarakat untuk lebih gemar membaca, karena buku itu adalah teman sejati kita,” pungkasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*