Minat Baca Hanya 0.01 Persen

Budiman Ismaun
Budiman Ismaun

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs Budiman Ismaun M.Pd, mengajak seluruh masyarakat Bengkulu rajin membaca. Karena saat ini minat baca penduduk Indonesia, termasuk di Bengkulu sangat rendah. Secara nasional minat baca di Indonesia hanya 0,01 persen, artinya hanya 1 per seribu orang yang mampu membaca dengan tuntas, selebihnya 999 orang tak membaca bukunya sampai lembaran terakhir.

“Membaca buku langsung dengan membaca di dunia maya berbeda. Kalau baca di buku referensinya sangat banyak, berbeda dengan membaca dunia maya, yang infonya banyak hoax,” jelasnya.

Disisi lain, Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu Dra Hj Darmawati M.Pd mengatakan, peningkatan literasi di sekolahnya sudah diterapkan dalam dua tahun terakhir.

”Sebelum masuk kelas, setiap pagi siswa/siswi diwajibkan membaca selama 15 menit sebelum belajar,” katanya.

Selanjutnya, siswa/siswi diminta meresume buku yang sudah dibaca. Pada hari yang sama diberi tanda berupa paraf dari dewan guru dan proses literasi inipun dinilai. Mereka yang banyak membaca dan hasil resumenya bagus maka dipilih untuk mengikuti lomba mewakili sekolah.

“Mereka yang terbaik, bisa mengikuti lomba dan hasil karyanya masuk dalam website informasi SMANLI,” terangnya. (247)