Millenial Road, Safety Zero Accident

50 Ribu Millenial Siap Tekan Angka Kecelakaan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Puncak Millenial Road Safety Festival (MRSF) digelar di lapangan Sport Center, Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Minggu pagi (10/2) berlangsung sukses. Terhitung sebanyak kurang lebih 50 ribu kaum millenial Bengkulu nampak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan demi mewujudkan Millenial Bengkulu Menuju Road Safety Zero Accident.

Sebelum acara inti yakni pembacaan deklarasi dalam mendukung road safety menuju zero accident dan penandatangan pernyataan kesiapan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas oleh para millenial yang terdiri pelajar, komunitas sepeda motor dan masyarakat umum kegiatan diawali dengan jalan santai millenial kemudian kembali ke lapangan sport center untuk melaksanakan senam bersama.

Kapolda Bengkulu, Bigjen Pol Drs Supratman MH, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari keseriusan anggota kepolisian dalam memberikan pengetahuan bagi kaum millenial untuk meningkatkan kesadaran keamanan berlalu lintas yang ditujukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Ya kegiatan ini sebagai wujud menekan angka kecelakaan berlalu lintas yang didominasi oleh kaum millenial. Menurut WHO, kecelakaan merupakan penyebab kematian tertinggi nomor 5, terutama diusia muda atau produktif,” terangnya kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (10/2).

Ia menjelaskan, pihaknya dalam hal ini Kepolisian akan memberikan pelayanan yang prima terkait dengan keselamatan berlalu lintas. “Kita setiap saat, setiap hari dan setiap jam selalu akan memberikan pelayanan terkait lalu lintas, bahkan anggota dari laku lintas selalu standby setiap saat baik dilokasi jalan yang rawan maupun yang padat pengendara, hal itu tidak lain untuk mengurangi terjadinya kecelakaan,” bebernya.

Ia menegaskan, memang selain dari kesadaran masyarakat itu sendiri agar lebih peka terhadap keselamatan diri, peran pemerintah dalam mewujudkan hal itu memang yang utama terutama terkait kondisi jalan karena faktor jalan yang berlobang atau rusaklah yang membuat banyak menimbulkan kecelakaan.



“Oleh sebab itulah saya meminta kepada pak Gubernur Bengkulu agar dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera melakukan perbaikan jalan yang berlobang agar tidak ada lagi warga yang meninggal atau kecelakaan yang disebabkan fasilitas jalan,” ucapnya saat itu.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Drs drh H Rohidin Mersyah MMA dalam kesempatan itu mengutarakan jika selain meningkatkan kesadaran dari millenial untuk tertib berlalu lintas, yang tidak kalah pentingnya adalah memang dari pemerintah daerah agar selalu meningkatkan infrastruktur jalan yang ada di Provinsi Bengkulu.
“Perbaikan jalan-jalan di Bengkulu ini menjadi program kita kedepan dan saya sudah intruksikan agar jalan yang rusak atau berlobang segera ditambal dahulu biar tidak memakan korban jiwa,” ucap Rohidin.

Selain itu, ia sangat mengapresiasi acara MRSF ini karena acara seperti ini bisa menjadi wadah pemberitahuan dan pengetahuan bagi kalangan millenial dengan bentuk atau kegiatan yang nyata seperti sekarang ini. “Semoga kegiatan seperti ini setiap tahunnya selalu ada dan bisa berlangsung lagi di Bengkulu, dan saya selaku Gubernur Bengkulu sangat mendunkung kegiatan seperti ini pastinya,” tutupnya. Untuk diketahui, dilokasi acara, kaum millenial Bengkulu berusia 17-35 tahun nampak memenuhi lapangan sport center dan menikmati berlangsungnya acara yang dimeriahkan oleh host dari ibukota Peppy Hermawan dan Bemby Putuanda.

Acara berlangsung sangat meriah karena turut dimeriahkan dengan pertunjukan Dai Millenial, Stand Up Commedy, gaya bebas antraksi, Entrepreneur Expo dan dalam acara tersebut juga dipertontonkan aksi free styleer pengendara motor dari anggota Brimob Polda Bengkulu yang menjadi pusat perhatian pengunjung. Diakhir acara, panitia penyelenggara sudah menyiapkan berbagai doorprize menarik bagi para peserta. Meskipun dalam acara sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang, acara tetap ramai dipenuhi masyarakat Bengkulu.

Sementara itu, guna mendukung kegiatan Millenial Safety Road Festival di Kota Bengkulu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyerahkan lahan yang diperuntukkan Safety Riding.  Lahan seluas 500 meter persegi tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE kepada Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH saat acara puncak Millenial Safety Road Festival yang digelar di lapangan Sport Centre, Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Minggu (10/2) pagi.

Dalam sambutannya itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan berharap agar lahan yang sudah diserahkan itu betul-betul dimanfaatkan dalam rangka kegiatan safety riding dengan tujuan untuk menekan tingginya angka kecelakaan di wilayah Kota Bengkulu.

Dia juga berpesan agar masyarakat, khususnya kalangan millenial untuk meningkatkan kesadarannya dalam berlalu lintas. “Kami berharap kaum millenial Bengkulu ini sadar akan ketertiban berlalu lintas. Karena kami mendukung sekali program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Bengkulu. Semoga saja angka kecelakaan lalu lintas benar-benar bisa ditekan dengan kesadaran keselamatan berlalu lintas masyarakat,” terang Helmi Hasan.(529/prw/




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*