Miliki Daftar Golongan Darah Warga

TAIS, Bengkulu Ekspress – Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH mengatakan, seluruh desa yang ada di Kabupaten Seluma, harus meniru Desa Sidosari, Kecamatan Sukaraja.

Dalam hal Desa dengan tertib administrasi kependudukan (Adminduk). Desa Sidosari menjadi juara I tingkat Provinsi Bengkulu. Layak menjadi contoh bagi desa yang lainnya di Kabupaten Seluma.

“Desa Sidosari keluar sebagai pemenang tingkat pertama sebagai Desa Adminduk tingkat Provinsi Bengkulu. Ini harus jadi contoh,” tegas Bundra Jaya.

Satu hal yang menjadi catatan khusus Bupati Seluma, terhadap Desa Sidodari. Pemerintah desa mempunyai daftar lengkap golongan darah warganya.

Bukan hanya masalah data kependudukan yang berkaitan dengan KTP dan Kartu Keluarga saja. Dengan begini, saat ada warga yang sakit atau kecelakaan dan membutuhkan golongan darah. Maka pemerintah Desa Sidosari tinggal menghubungi warga yang mempunyai golongan darah yang sama saja. Jadi tidak kesulitan untuk mencari golongan darah.

“Satu yang menjadi catatan khsusus saya. Ternyata di desa tersebut sudah lengkap daftar golongan darah warganya. Nah, mereka bisa melihat daftar ketika dibutuhkan untuk donor atau transfusi darah jika ada warga yang sakit,” tegasnya.



Kemudian, Bupati Seluma meminta kepada pemerintah desa agar bisa melakukan pembangunan di desa dengan baik. Dengan berlomba menjadi desa yang terdepan.

Karena, Pemkab Seluma juga melakukan penilaian nantinya untuk desa yang ada. “Berlombalah untuk menjadi desa terbaik. Apalagi setiap tahun juga ada lomba desa yang diselenggarakan,” pungkas Bupati Seluma. (333)