Microsoft Benahi Celah Explorer

CALIFORNIA – Microsoft merilis sebuah perangkat lunak guna memperbaiki bug internet explorer (IE). Pasalnya, cybercriminals memanfaatkan celah di IE untuk menginstal trojan Poison Ivy pada komputer pengguna untuk mencuri data.

Trojan Poison Ivy merupakan bagian dari malware yang dapat mencuri data atau meremote control sebuah PC dari jarak jauh. “Ini langkah mudah,  yang akan membantu melindungi komputer Anda segera,” ujar jubir Microsoft, seperti dilansir Guardian.

Pihaknya menjelaskan, telah terjadi sejumlah serangan terhadap pengguna explorer. Microsoft sendiri sebelumnya telah menyarankan untuk menonaktifkan kontrol Active X dan Active Scripting atau mendownload Mitigasi Enhanced Experience Toolkit. Solusi lainnya dengan mengubah setting zona keamanan pada browser  dan menjalankan IE dalam mode terbatas.

Menurut perusahaan keamanan Symantec, ada delapan bug yang terlihat pada 2011. Manajer Riset Symantec, Liam O Murchu mengatakan bug baru ini  berbahaya karena ketidakadaan patch yang tersedia membuat sulit bagi orang untuk melindungi diri keamanan komputernya. (esy/jpnn)