Michael Haneke, Si Tua yang Kebanjiran Penghargaan

michael-hanekeSutradara Amour Michael Haneke, yang kini berusia 70 tahun, mengaku bahagia lantaran di usianya yang kepala tujuh, karyanya masih bisa diapresiasi.

Film Amour, drama yang mengisahkan perjalanan pasangan lanjut usia mengatasi efek dari stroke yang melemahkan sang istri, memenangkan penghargaan kategori Film Asing Terbaik pada ajang Independent Spirit Awards, yang berlangsung pada Sabtu atau sehari menjelang perhelatan Oscars, yang digelar Minggu (24/2/2013).

Di ajang Oscars, film ini tak hanya dinominasikan sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik, tapi juga bakal bersaing memperebutkan gelar bergengsi sebagai Film Terbaik bersama delapan film unggulan lainnya. Haneke juga dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik.

“Saya memiliki kesan saya orang tertua di sini,” candanya usai menerima menerima penghargaannya.

Jumat atau sehari sebelumnya, Haneke juga memenangkan penghargaan Cesar Awards yang berlangsung di Perancis.

Sutradara veteran asal Jerman itu pun mengaku sudah tak sabar untuk Oscars dan berharap ia bisa melengkapi kesuksesannya membawa pulang piala paling bergengsi di dunia film ini, setelah filmnya dinobatkan sebagai Film Terbaik versi Golden Globe 2013.

“Saya merasa luar biasa. Ini adalah kejutan yang lengkap … Tidak ada yang menduga bahwa film dengan tema-tema seperti penuaan dan kematian akan sukses. Ini sangat bermanfaat bagi semua orang yang terlibat,” ujar Haneke bangga.(**)