Mian Tinjau Titik Nol Pembangunan TPS 3R

APRIZAL/BE Bupati BU saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan TPS 3R, kemarin (19/6).

ARGA MAKMUR, Bengkuluekspress.com – Pembangunan titik nol lokasi Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recyle (TPS 3R) yang berada di Desa Rama Agung, kemarin (19/6) ditinjau langsung oleh Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir H Mian. Dimana TPS 3R merupakan program pengolahan sampah rumah tangga dan bisa dimanfaatkan kembali, baik dijadikan pupuk, pakan atau olahan sampah lainnya. Untuk diketahui sebelumnya untuk TPS 3R di Kabupaten sudah ada di wilayah Kecamatan Padang Jaya dan untuk tempat kedua yakni di Kecamatan Arga Makmur tepatnya di Desa Rama Agung.

Usai pelaksanaan titik nol TPS 3R, Bupati mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan berharap bisa bekerja sama dengan bank sampah. Selain pengolahan sampah di BU bisa lebih maksimal, masyarakat juga dapat diberdayakan dengan adanya pembangunan ini. Pada Swakelolaannya tentu tidak hanya meningkatkan pengolahan sampah di Kabupaten BU, tetapi mempunyai nilai strategis, karena dapat ikut memberdayakan masyarakat setempat. Diharapkan melalui pembangunan ini dapat membantu masyarakat baik dalam bentuk BUMdes atau kelembagaan kedepannya. Selain itu, terbentuklah rasa saling memiliki dalam membangun dan merawat TPA ini.

“Yang jelas dengan adanya TPS 3R ini, saya sangat mengapresiasi. Dimana pembangunan ini dapat membantu masyarakat baik dalam bentuk BUMdes atau kelembagaan kedepannya,” kata Mian.

Lebih lanjut Mian menjelaskan, dengan telah adanya TPS 3R kedepan, pihak pemerintah daerah akan melengkapi infrastruktur TPA yang ada di Arga Makmur. Kedepannya dibangun PDU (pusat daur ulang) yang sudah dianggarkan dari pusat untuk daerah.

“Untuk ini akan di laksanakan secepatnya akan dibangun di Arga Makmur, karena ini merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat dan bukan anggaran daerah,” tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*