Mian Terima SatyaLancana Wira Karya dari Presiden

Mian
Tampak Presiden RI Joko Widodo saat menyematkan penghargaan Satya Lencana Wira Karya kepada Bupati Bengkulu Utara Ir Mian di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh, Sabtu (6/5). (Foto IST/BE).

ARGA MAKMUR, BE- Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir Mian dianugerahi SatyaLancana Wira Karya. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dalam acara Pekan Nasional Petani Nelayan XV tahun 2017, Sabtu (6/5).

Penghargaan ini, dalam tahun 2017 hanya diberikan Presiden bagi 2 Gubernur dan 11 Bupati se Indonesia. Penganugerahaan ini diberikan karena Bupati BU Ir Mian dinilai telah berhasil dalam bidang pertanian, mulai dari gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu, replanting kebun kelapa sawit. Selanjutnya pengelolaan Sapi Wajib Bunting (SIWAB), bantuan sarana dan prasarana serta dukungan APBD guna mewujudkan ketersediaan ketahanan pangan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Alhamdulillah, ini merupakan kehormatan bagi Bengkulu Utara. Saya mengucapkan terimakasih kepada para petani, penyuluh dan dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan serta pihak lainnya yang telah bersama-sama terlibat mengembangkan sektor ini. Dan telah bekerja keras sehingga mendapatkan penghargaan ini,” ujar bupati.

Penghargaan SatyaLancana Wira Karya di bidang pertanian itu tidak diperoleh begitu saja. Namun melalui proses peninjauan langsung dengan seleksi yang ketat dari Biro Gelar, Tanda Jasa dan Kehormatan, Sekretaris Militer Presiden (Setmilpres) pada tanggal 6 April 2017 lalu. Pada saat itu, Bupati BU memaparkan langsung progres pembangunan bidang pertanian dihadapan Tim dari Setmilpres di Balai Daerah Bupati. “Ini penghargaan untuk keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara. Saya hanya mewakili masyarakat untuk menerima penhargaan ini,” ungkapnya.

Satyalancana Wira Karya adalah sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan dan diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan negara.

Sebelumnya Kabag Humas dan Protokol Setdakab BU Sasman SP menyampaikan penghargaan yang diterima Bupati BU merupakan bentuk keberhasil dalam pembangunan dan pengembangan di bidang pertanian. Apalagi sektor pertanian dan perkebunan menjadi penggerak ekonomi sebagian masyarakat di wilayah Kabupaten BU.

“Pak bupati sangat berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara atas upaya keras yang dilakukan bersama dalam memajukan sektor pertanian di Bengkulu Utara,” terangnya.

Penghargaan ini, diterima secara langsung oleh Bupati BU Ir Mian dari Presiden Joko Widodo di SHB Banda Aceh Provinsi NAD sekitar pukul 10.30 WIB, Sabtu (6/5. Kemudian juga ada 10 bupati lainnya serta 2 gubernur yang juga mendapatkan penghargaan serupa.

“Tadi (Sabtu, red) pak bupati telah menerima penghargaannya langsung dari pak presiden sekitar pukul 10.30 WIB,” pungkasnya.(816/Prw)