Mian: Harus Ada Terobosan Bangun Bengkulu Utara


APRIZAL/BE
Tabuh dol bertanda secara resmi Musrebang RPJMD BU 2021-2026 dimulai, Rabu (19/5).

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com– Dengan kekuatan piskal yang setiap tahun bisa dikatakan datar baik dari inflasi daerah hingga inflasi nasional. Maka harus mempunyai terobosan-terobosan terkait dengan dengan permasalahan ini. Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir H Mian usai menghadiri dan membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten BU Tahun 2021-2026, di Aula SD Model, Rabu (19/5).
“Ya karena realisasi anggaran kita (Pemkab BU) dari tahun ke tahun posisinya bisa dikatakan flat hal ini dikarenkan sesuai dengan kondisi inflasi daerah dan inflasi nasional amat sangat flat, maka dari kita selaku pemerintah daerah harus mempunyai terobosan-terobosan,”kata Bupati Mian.

Bupati Mian menjelaskan, bahwa terobosan-terobosan tersebut harus dilakukan sehingga program-program pemerintah daerah tetap berjalan sesuia dengan visi misi. Menurutnya langkah terobosan tersebut pihaknya terus rajin menyampaikan ke pemerintah pusat apa saja yang menjadi konsep pembangunan yang ada di Kabupaten BU.
“Terobosan yang dimaksud kita harus menjemput bola ke pemerintah pusat dengan terus menyamoaikna program-program kita seperti saat ini kita memikiki 5 konsep pembangunan,”terangnya.

Lebih lanjut, Bupati Mian munuturkan, hal ini dilakukan sesuai dengan visi misi kepimpina dirinya bersama wakil bupati yakini agar terwujudnya sumber Daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, memperkuat infrastruktur untuk mendukung ekonomi dan pelayanan dasar, meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui ekonomi kerakyatan, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya.Untuk itu, pentingnya bekerja dengan fokus dan mempunyai terobosan-terobosan dalam memecahkan masalah.
“Untuk mencapai visi misi tersebut, yang menjadi penekanan kepada jajaran OPD yaitu kita harus Fokus pada sektor yang cakupan efeknya luas, contohnya pada aspek penurunan angka kemiskinan dan dari tata kelola keuangan,”tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD BU Sonti Bakara SH menyampaikan, bahwa visi misi Bupati dan Wakil Bupati sudah bagus. Sehingga selanjutnya menjadi Raperda RPJMD ini dpat segera untuk dijadikan Perda. Ia pun berharap, agar Pemkab BU dapat membangkitkan sumber dana lain selain bantuan dari pusat. Selain itu juga adanya Sinergi, kolaborasi pembangunan infrastruktur antara pemerintah kabupaten dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat.
“Sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati memang sudah sangat bagus, namun memnag kekuatan anggaran Pemerintah daerah terbatas, untuk itu pemerintah daerah harus adanya Sinergi, kolaborasi pembangunan infrastruktur antara pemerintah kabupaten dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat. Sehingga apa yang menjadi visi misi dalam membangun Kabupaten BU dapat terwujud,”tandasnya.(127)