Messi = Rp 1,74 Triliun

MADRID, BE – Status pemain termahal di dunia memang masih menjadi milik bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo. Transfernya dari Manchester United ke Real Madrid pada 2009 lalu memecahkan rekor transfer termahal dunia dengan nilai 80 juta pounds atau 94 juta euro (Rp 1,17 triliun).

Setelah itu, tidak ada lagi transfer segila itu. Namun, berdasarkan studi lembaga konsultan keuangan asal Brasil Pluriconsultoria, bukan Ronaldo pemain dengan nilai jual tertinggi di dunia saat ini. Dia masih kalah dari Lionel Messi.

Messi memang tidak punya rencana untuk angkat kaki dari klub yang membesarkan namanya Barcelona. Bila dia terpaksa pergi, Pluriconsultoria menilai harga yang pantas buat Messi di pasaran sekarang mencapai 140 juta euro (Rp 1,74 triliun).

Lalu, Ronaldo yang sekarang memegang rekor transfer tertinggi berada pada posisi kedua dengan nilai jual mencapai 96,3 juta euro (Rp 1,20 triliun). Nilain jual Ronaldo itu naik sedikit ketimbang transfernya tiga tahun lalu.

Selain Messi dan Ronaldo, jajaran lima besar pemain paling bernilai ada didominasi para bintang Primera Division Spanyol. Hanya Wayne Rooney, striker Manchester United, yang berada pada posisi keempat, menjadi satu-satunya bintang dari luar Primera Division.

Sisanya, ada Andrea Iniesta dan Radamel Falcao yang berada pada urutan ketiga dan kelima. Nilai jual Falcao yang melonjak paling tajam dalam satu tahun terakhir. Sebab, pada tahun lalu, dia masih berada dalam daftar 40 besar.

“Dia bahagia di klub ini dan tidak berniat pergi. Kalau pun dia harus pergi suatu saat nanti, kami perlu ingatkan bahwa harganya akan sangat tinggi. Dia striker nomor sembilan terbaik saat ini,” kata Enrique Cerezo, presiden Atletico Madrid, seperti dikutip Examiner.

Tepat di bawah lima besar, ada nama striker muda Brasil yang sedang jadi incaran klub-klub elite Eropa Neymar. Bintang Santos itu dihargai senilai 55 juta euro (Rp 687,4 miliar). Ini adalah tahun kedua dia berada pada posisi keenam.

Untuk klub paling bernilai, tentu tidak mengejutkan lagi bila jatuh kepada dua klub raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid. Barcelona dihargai 671 juta euro (Rp 8,38 triliun) dan Real seharga 593 juta euro (Rp 7,41 triliun).

Namun, sangat jomplang tim Spanyol lainnya. Nilai jual mereka sangat jauh meninggalkan para pesaingnya di Primera Division. Paling dekat adalah Atletico Madrid yang berada pada posisi ke-14 dengan harga 226 juta euro (Rp 2,82 triliun) dan menyusul di bawahnya Valencia pada urutan ke-21 dengan 170 juta euro (Rp 2,12 triliun).

Dari luar Primera Division, duo Manchester, yakni Manchester City dan Manchester United menjadi tim yang paling berharga. Kemudian, pada urutan kelima ada raksasa Bundesliga Jerman Bayern Munchen. (ham)