Messi Raih Hat-trick Gelar Terbaik di Spanyol

MADRID – Siapa yang pemain yang lebih baik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo? Bila penilaiannya diberikan kepada para pemain Primera Division Spanyol, maka Messi lah yang terpilih. Dia menjadi pemain terbaik LFP Award.
Bukan hanya pemain terbaik, Messi juga terpilih sebagai striker terbaik musim lalu. Striker Barcelona itu menyisihkan dua penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Artinya, tiga tahun beruntun Messi jadi pemain terbaik dan striker terbaik.

Ya, sejak Liga de F”tbol Profesional (LFP) alias otoritas pelaksana Primera Division Spanyol mulai melakukan pemilihan pemain terbaik pada 2008-2009, Messi selalu menjadi yang terbaik. Mantan pelatihnya Josep Guardiola juga mengalami hal serupa sebagai pelatih terbaik.

“Untuk dua penghargaan itu, saya ingin berterima kasih kepada rekan sesama pemain yang memilih saya sebagai pemain terbaik dan juga kepada para pelatih yang memilih saya sebagai striker terbaik,” jelas Messi kepada Sport.es.

Musim lalu, Messi memang gagal membawa Barcelona menjuarai Primera Division. Mereka harus mengakui keunggulan Real setelah selalu mendominasi sejak 2008-2009 hingga 2010-2011. Namun, Messi menjadi top scorer dengan 50 gol.

Gagal di Primera Division, Messi mampu membawa Barcelona juara di Copa del Rey. “Ini sebuah penghargaan besar buat saya. Saya juga memenangkannya tahun lalu. Ini kepuasan luar biasa,” jelas ayah satu anak tersebut.

Terpilihnya Messi untuk kali ketiga ini membuat striker berusia 25 tahun itu secara total telah menerima 80 gelar individual. Lalu dia juga menjadi pemain yang telah memegang sepuluh rekor atas namanya. Di antaranya rekor top scorer Barcelona di semua kompetisi, hat-trick terbanyak di Primera Division, dan gol terbanyak di Eropa selama satu musim kompetisi.

Kemenangan Messi di LFP Award menjadi sinyal positif untuk FIFA Ballon d”Or di mana dia juga akan bersaing dengan Ronaldo dan Iniesta. Di FIFA Ballon d”Or, Messi juga sudah tiga kali memenangkannya, dan bila kembali menang maka empat kali beruntun.

Barcelona tetap mendominasi pada LFP Award tahun ini. Selain Messi, ada Guardiola yang jadi pelatih terbaik, Andres Iniesta sebagai gelandang serang terbaik, dan Carles Puyol yang mendapat gelar pemain paling fair play.

“Sebuah kebanggaan buat saya karena menjadi pemain paling fair play, padalah saya seorang pemain bertahan,” ujar Puyol.

Real yang menjuarai Primera Division musim lalu, mengirimkan tiga wakilnya meraih penghargaan. Mereka adalah kiper terbaik Iker Casillas, bek terbaik Sergio Ramos, dan gelandang terbaik Xabi Alonso. Adapun pemain Malaga Isco terpilih sebagai rising star. (ham)