Messi Cetak Rekor, Barcelona Tumpas Granada 2-1

messiLionel Messi tampil gemilang untuk membawa Barcelona menang atas Granada pada lanjutan Liga BBVA di Stadion Nuevo Los Carmenes, Sabtu atau Minggu (17/2/2013) dini hari WIB.  Sempat tertinggal lebih dulu, Messi mencetak dua gol sekaligus mencetak rekor gol ke-301 bersama Barcelona untuk memastikan kemenangan timnya 2-1.

Dengan hasil ini, Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga BBVA dengan poin 65, unggul 15 angka dari Atletico Madrid di peringkat dua. Sementara, Granada masih bercokol di posisi 14 dengan poin 26.

Meski bermain di kandang lawan, Barcelona langsung menyengat di menit-menit awal. Umpan terobosan Lionel Messi kepada Alexis Sanchez hampir saja membuahkan hasil jika kiper Tono tidak sigap memotong bola sodoran tersebut saat laga baru berjalan lima menit.

Tapi, Granada tak tinggal diam. Satu menit berselang giliran Ighalo yang mengancam gawang Victor Valdes. Beruntung, kesempatan tuan rumah itu masih dapat digagalkan Sergio Busquets sehingga hanya menghasilkan lemparan ke dalam untuk Granada.

Memasuki pertengahan babak pertama, Barcelona mampu mengendalikan permainan dengan penguasaan bola di lapangan tengah. Beberapa kali, skuad asuhan Tito Vilanova itu pun menciptakan peluang berbahaya di jantung pertahanan Granada melalui aksi Messi, Pedro dan Sanchez.

Terus menekan, Barcelona justru lebih dulu kebobolan. Adalah Ighalo yang membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah mampu menaklukkan Valdes usai memaksimalkan umpan tarik Nolito dari sisi kiri pertahanan Blaugrana pada menit ke-26.

Ketinggalan satu gol, tim tamu terus menggempur pertahanan Granada. Messi mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Namun, lagi-lagi Tono tampil gemilang menahan bola tendangan pemain asal Argentina tersebut.

Selepas turun minum, Barcelona mampu menyamakan kedudukan melalui Messi pada menit ke-50. Gol itu dicetaknya setelah memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Cecs Fabregas yang sempat ditepis Tono. Bagi Messi, torehan ini adalah rekor terbarunya karena merupakan gol ke-300 bersama Barcelona.

Gol itu membuat kepercayaan diri pemain Barcelona meningkat untuk membalikkan kedudukan. Bahkan, pada menit ke-66, Pedro hampir membuat tim tamu unggul jika bola tendangannya tidak membentur mistar gawang Granada.

Pada menit ke-73, Messi kembali memaksa Tono untuk memungut bola ke gawangnya sendiri untuk kedua kalinya setelah mampu mencatatkan namanya di papan skor untuk membalikan keadaan menjadi 2-1 untuk Barcelona. Melalui tendangan bebas, Messi melepaskan tendangan terarah ke pojok kanan gawang tanpa mampu dijangkau Tono.

Tertinggal Granada tidak menyerah. Pada injury time, skuad Juan Antonio Anquela itu hampir saja menyamakan kedudukan melalui aksi Yacine Brahimi dari kerjasama satu dua dengan Youssef El Arabi. Beruntung, upaya tersebut masih dapat digagalkan Valdes. Skor 2-1 untuk Barcelona pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Granada
: 1-Tono, 2-Allan-Romeo Nyom, 6-Guillherme Siqueira, 8-Inigo Lopez, 14-Moreno Mikel Rico, 5-Mainz, 22-Gabriel Torje (3-Yacine Brahimi 76), 25-Odion Ighalo, 28-Recio, 7-Carlos Aranda (9-Youssef El Arabi 58), 10-Nolito (12-Diego Buonanotte 74)
Pelatih: Juan Antonio Anquela

Barcelona: 1-Victor Valdes, 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 16-Sergio Busquets, 21-Adriano (18-Jordi Alba 38), 4-Cesc Fabregas, 11-Thiago, 14-Javier Mascherano, 9-Alexis Sanchez (37-Tello 61), 10-Lionel Messi, 17-Pedro (8-Andres Iniesta 72)
Pelatih: Tito Vilanova

Wasit: Carlos Del Cerro Grande