Messi Bawa Tim Tenggo Puncaki Zona Amerika Latin

SANTIAGO – Ketika Lionel Messi dalam performa terbaiknya, Argentina pun merasakan dampak positifnya. Itulah yang terjadi dalam kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014 zona Amerika Latin (CONMEBOL), Rabu (17/10). Kemenangan 2-1 Argentina di kandang Cile pun tak bisa lepas dari peran Messi.
Bintang Barcelona itu membuka skor pada menit ke-28. Hanya tiga menit berselang, Tim Tango ” sebutan Argentina ” menggandakan keunggulan melalui striker Real Madrid Gonzalo Higuain. Sedangkan gol hiburan tuan rumah baru lahir di pengujung laga melalui Felipe Gutierrez.

Kendati terkesan menang mudah, Messi mengatakan hal berbeda. “Kami berhasil mencetak gol seperti yang seharusnya. Namun, kami lalu kehilangan kontrol permainan dan sedikit menderita,” kata si Kutu (julukan Messi) kepada Clarin.

“Yang terpenting saat ini, kami berhasil meraih tiga angka dari tempat yang sangat sulit,” sambung pemain terbaik dunia tiga tahun terakhir itu.

Sebelum kemarin, Argentina memang tidak pernah pulang dengan kemenangan dalam dua lawatan terakhir ke Cile di ajang kualifikasi PD. Yakni, sekali kalah dan sekali seri.

Kemenangan atas Cile pun makin memantapkan posisi Tim Tango di puncak klasemen sementara zona CONMEBOL dengan 20 angka dari sembilan laga. Terpaut delapan angka dari Cile yang menempati peringkat keenam atau batas teratas tim yang tidak memiliki peluang lolos ke PD 2014.

“Partai-partai kualifikasi Piala Dunia sangat berat dan sulit. Tapi, kami benar-benar bersemangat setelah mengalahkan dua tim bagus seperti Uruguay dan Cile. Kami akan kambali bulan Maret nanti untuk terus meraih kemenangan,” beber Messi.

Kemenangan away memang sangat penting dalam persaingan di zona CONMEBOL yang kini hanya menyisakan tujuh laga lagi. Salah satu tim yang jeblok untuk urusan ini adalah Uruguay. Setelah keok 0-3 di kandang Argentina (12/10), Charruas ” sebutan Uruguay ” kembali KO 1-4 di kandang Bolivia yang terkenal dengan ketinggiannya, La Paz, kemarin.

Itu berarti dari empat laga away di kualifikasi, tim terbaik Amerika Latin di PD 2010 (lolos sampai perempat final) tersebut menuai tiga kali kalah dan sekali seri. Reputasi Uruguay sebagai tim yang tangguh dalam bertahan itu juga luntur setelah kebobolan 11 gol dalam tiga away terakhir.

Uruguay kini menempati peringkat kelima klasemen zona CONMEBOL dengan 12 angka. Jika tak beranjak dari posisi tersebut sampai akhir kualifikasi, Diego Forlan cs harus menjalani playoff (kontra wakil zona Asia). Itu berarti mengulang cerita tiga tahun lalu ketika Uruguay harus menghadapi wakil zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia) Kosta Rika untuk lolos ke PD 2010.

“Kami tetap memiliki peluang (lolos ke putaran final). Jika Bolivia yang mengalahkan kami, tapi tetap di bawah kami masih yakin lolos, kenapa kami yang memiliki angka lebih banyak tidak merasa yakin “,” kata pelatih Uruguay Oscar Tabarez kepada Fox Sports. (dns)