Meriahkan Muharam, Gelar Wayang Semalam Suntuk

RATU SAMBAN, BE –  Perayaan  1 Muharam atau  disebut juga 1 Syuro disambut masyarakat Jawa yang ada di Bengkulu  dengan penuh suka cita.  Masyarakat Jawa yang ada di Bengkulu akan menggelar wayangan semalam suntuk.

Sekretaris  penyelenggara wayangan, Sutrisno menuturkan,   masyarakat Jawa  yang ada di Bengkulu  berkeinginan untuk menjalin tali silahturahmi serta mengembangkan budaya  Jawa.  Makanya  dengan  ajang kebersamaan  itu akan mengelar  wayang kulit semalam suntuk dengan lakon ”Wahyu Purboningrat”.   Gelaran wayang semalam suntuk ini akan berlangsung  Sabtu malam minggu di  rumah kediaman Bapak Saman, berlamat di Kelurahan Sumur Dewa, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu.

Dikatakan Sutrisno, wayang kulit dipilih karena merupakan kesenian tradisional dan sekaligus sebagai upaya pelestarian budaya Jawa.  Dan dapat  merangkul semua etnis masyarakat yang ada di Bengkulu.

Sedangkan pemilihan lakon dalam wayang kulit yang didalangi Ki  Gaul Sulkani  tidak sembarangan.  Lakon dalam pementasan  ini mengandung makna khusus.   Untuk meramaikan pagelaran itu,  panitia menyebar sedikitnya seribu undangan, diharapkan dalam pertemuan  itu  mampu memberikan kesan syukur dan bermanfaat bagi penonton.  ”Dan diharapkan dengan  tahun baru Islam ini membawa keberkahan  bagi semua masyarakat  Jawa di Bengkulu dan masyarakat  Bengkulu umumnya,” tukasnya. (247)