Merawat Kulit Kusam dan Gelap, Ini Caranya

spaPADA kulit seseorang, terjadi proses yang disebut regenerasi. Ini adalah suatu mekanisme pergantian sel lapisan kulit tubuh manusia, dimana berkisar dalam tempo 28 hari sekali akan berganti. Dengan adanya regenerasi, maka sebetulnya kulit juga terus mengalami pembaruan. Namun, dari pergantian itu tak lantas sel kulit mati rontok atau terkelupas dengan sendirinya. Sehingga, bisa juga terjadi penumpukan sel kulit mati di kulit tubuh. Sehingga, timbul masalah baru seperti kulit kusam dan gelap.

Maka itu, diperlukan suatu perawatan guna menghilangkan penumpukan sel kulit mati. Salah satunya, lewat body spa atau spa untuk tubuh. Seperti perawatan body spa yang dihadirkan Miracle Aesthetic Clinic Batam. Supervisor Miracle Aesthetic Clinic, body spa cukup bermanfaat untuk membuang kotoran dan membuat nyaman tubuh.

”Secara umum perawatan ini bekerja mengangkat sel kulit mati, melembutkan, melembapkan, dan mencerahkan,” kata Selvi kepada Batam Post (JPNN Group).

Body spa dilakukan dengan menggunakan bahan tradisional ataupun scrub (butiran bubuk agak kasar) yang telah diolah sebagai alat bantu dan berguna mengikis penumpukan sel kulit mati. Ragamnya ada banyak, mulai dari yang berbahan seperti beras, rempah atau bahkan buah-buahan hingga yang diolah di pabrik dengan campuran bahan kimia obat yang bermanfaat.

Pengaplikasiannya, biasanya dicampur dengan sedikit air dan dioleskan kemudian digosokkan ke kulit tubuh. Sambil dipijat perlahan dan digosok sembari ditekan, bahan ini dapat membantu mengelupaskan lapisan kulit mati yang berada paling luar di tubuh. Sehingga, setelah lapisan kulit yang terbuang tadi akan didapati kulit baru yang lebih cerah dan terlihat segar.

”Tahapannya juga banyak, mulai dari pengolesan minyak aroma terapi, berendam di bath up (bak mandi) hingga proses scrubing (pengikisan kulit mati),” urainya.

Di Miracle sendiri, Selvi menambahkan, terdapat beragam pilihan spa sesuai kebutuhan. Ada yang disebut Miracle Black & White Scrub, Miracle Traditional Whitening Spa, Miracle Aromatic Body Massage & Scrub, dan masih banyak jenis lainnya. Masing-masing dari itu juga punya kegunaan utama yang berbeda, meski satu hal yang selalu sama tetap ada yakni mengangkat sel kulit mati. Miracle Tradisional Whitening misalnya, menggunakan bahan tradisional dengan dua kali scrub.

”Menggunakan black scrub (scrub hitam) terlebih dahulu baru kemudian menggunaan scrub putih atau scrub Kalingga,” ujarnya.

Hasilnya, kata Selvi, kulit bukan hanya halus dan cerah, namun juga harum dan nyaman. Karena itu, banyak yang memilih perawatan ini bukan semata untuk merontokkan kotoran di tubuh, namun juga membuat nyaman seluruh tubuh itu sendiri.

”Saat perawatan dan pemijatan kan juga menggunakan minyak aromaterapi, jadi baunya harus sekaligus rileks ke badan,” kata dia.

Body spa dapat dilakukan satu bulan sekali. Atau, untuk beberapa perawatan yang lebih ringan, dapat dilakukan 2 minggu sekali. (jpnn)