Merasa Dikawal Rakyat, Jokowi Tak Takut Senpi

JAKARTA –¬†Seorang pria bernama Sudirman (42) diamankan polisi karena kedapatan membawa senjata rakitan saat berada di Masijd Istiqlal yang menjadi lokasi solat Idul Adha Presiden SBY dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tadi pagi. Menanggapi penangkapan Sudirman, Jokowi menyerahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan.
“Itu biar urusan aparat kepolisian, biar Polda yang mengurusi,” kata Jokowi usai menunaikan solat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Jumat (26/10).

Kini, Sudirman masih diperiksa oleh polisi dari Polda Metro Jaya. Hasil interogasi sementara, pria yang diduga stres itu mengaku membawa senjata untuk melindungi dirinya.

Jokowi mengaku tidak khawatir dengan penemuan senjata rakitan tersebut. Ia juga tidak akan menambah jumlah personil untuk mengawal dirinya.

“Saya ini yang mengawal rakyat banyak, jadi saya tidak takut sama sekali,” ujar Jokowi.

Sebagai orang nomor satu di Jakarta, pengamanan Jokowi tidak terhitung ekstra. Untuk pengamanan di jalan raya, Jokowi hanya dikawal tiga petugas Dishub DKI menggunakan voorijder. Sedangkan untuk pengawalan saat berpergian, Jokowi hanya didampingi oleh tiga orang ajudan. (dil/jpnn)