Merapi Mulai Muntah, 3 Nagari Berstatus Siaga

Merapi kembali menunjukan peningkatan aktivitasnya, humbusan abu vulkanik dari gunung Merapi yang terjadi pada Rabu (26/9) sekitar jam 16.40 wib ore tadi, telah menyelimuti tiga nagari di kabupaten Agam yang berada di lereng Gunung Merapi tersebut dan kini berstatus siaga.

Informasi yang dirangkum Padang Ekspres (grup padang-today) di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Kabit Kedarurtan Rinaldi menjelaskan, Nagari yang berstatus siaga Nagri Canduang Jorong Labuang, Jorong Puti Ramuih, Jorong Saratuih Janjang, dan Jorong Guguak Katiak dengan jumlah penduduknya 500 kepala keluarga (KK).

Nagari Bukik Batabuah, Jorong Gobah, Jorong Batang Silasiah dengan jumlah penduduknya 450 KK. Dan Magari Lasi, Jorong Pasanehan, Jorong Lasi Mudo, dan Jorong Lasi Tuo dengan jumlah penduduknya 750 KK. ”tiga Nagari ini yang langsung berdara di lereng Gunung Merapi pada wilayah Agam, saat terjadi seburan abu angin membawa abu tesebut mengarah ke Tanah Datar dan sampai saat ini abu tidak sampai ke wilayah Agam ,” kata Rinaldi.

Semenjak terjadinya seburan abu vulkanik dari sore tadi BPBD sudah melakukan koordinasi dengan pihak BMKG Bukit Tinggi, dari pantau tersebut ketinggian seburan abu mencapai 1.500 sampai dengan 1.800 meter dari kawah gunung yang mengeluarkan abu vulkanik.

Untuk mengantisipasi korban atas bencana ini, Rinaldi mejelaskan pihak telah melakukan siaga bencana dengan mempersiapkan Pos evakuasi warga bila diperlu ke Sungai Tanang dengan armada untuk mobilisasi 15 unit mobil.

Untuk tanggap darurat kita telah siapkan tenaga yang terdiri dari 15 orang anggota PNPB Agam, 10 orang tenaga medis dari Puskesmas Canduang dan 25 orang tenaga dari Kolompok Siaga Bencana kecamatan Canduang sebayak 25 orang.

“Malam ini kami melakukan koordinasi dengan pihak BMKG Bukit Tinggi jam 19.00 wib tadi berkemungkinan seburan abu yang dimuntahkan oleh gunung Merapi tidak terjadi yang lebih besar lagi walaupun itu ada itu hanya hanya seburan kecil,” katanya.(Padang today)