Menurunkan Kolesterol

140420_kolesterolTIDAK ada penyakit yang tidak dapat diobati, termasuk kolesterol tinggi juga banyak obatnya. Tetapi di sisi lain , tidak ada obat yang tidak memiliki efek samping. Sebelum pakai obat, turunkan kolesterol dengan cara yang lebih aman.
Dengan strategi yang tepat, kadar kolesterol jahat dalam darah dapat diturunkan tanpa obat hanya dalam 8 pekan. Tentunya tergantung dengan kondisi kesehatan masing-maisng individu, dan juga tingkat kedisiplinan dalam menerapkan strategi tersebut.
Berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan seperti dikutip dari Mirror, Senin (18/3/2013).

1. Olahraga
Nicola Ayres, seorang instruktur fitness mengatakan bahwa olahraga teratur bisa mengurangi kolesterol jahat hingga 5 persen. pilih aktivitas fisik yang meningkatkan denyut jantung, seperti renang, jogging dan bahkan yang ringan-ringan seperti berkebun.

2. Atur diet
Diet Portfolio yang dikembangkan oleh Professor David Jenkins diklaim bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 20 persen. Tidak rumit, hanya butuh mematuhi 2 aturan sebagai berikut.

– Singkirkan makanan yang kaya lemak jenuh seperti daging merah dan produk susu tinggi lemak.
– Konsumsilah 6 jenis makanan sehat berikut:

a. Kedelai
Konsumsi kedelai dalam bentuk tempe, tahu maupun susu kedelai bisa membantu fungsi hati menyingkirkan kolesterol jahat. Hanya dengan 25 gram kedelai tiap hari, kolesterol bisa berkurang hingga 5 persen.

b. Serat tinggi
Makanan dengan kandungan serat yang tinggi seperti gandum, buah, sayur dan kacang-kacangan bisa mengurangi kadar kolesterol. Mengapa? Sebab serat bakal mengurangi penyerapan lemak oleh tubuh.

c. Fitosterol
Jika hewan memproduksi kolesterol, tumbuhan juga memproduksi lemak dalam bentuk lain yang dinamakan fitosterol. Sama seperti serat, 2 mg suplemen fitosterol tiap hari bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

d. Kacang-kacangan
Daripada ngemil keripik, boleh dicoba ngemil kacang-kacangan sehat seperti almond dan walnuts. Cukup 70 gram kacang-kacangan bisa mengurangi kolesterol hingga 5 persen.

e. Minyak ikan
Satu atau dua porsi salmon atau makarel tiap hari sudah cukup untuk mendongkrak kadar kolesterol baik dalam darah. Kandungan omega-3 yang tinggi sangat dainjurkan bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol. (**)