Menuju Sekolah Model

Smpn 1
2. Dok/Bengkulu Ekspress
SMPN 1 Kota Bengkulu, telah berstatus sebagai sekolah model di Kota Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, menargetkan pendidikan tingkat dasar di Kota Bengkulu, menjadi sekolah model dan sekolah imbas implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SMPI). Upaya merealisasikan target itu terus dilaksanakan. Saat ini sekolah di Kota Bengkulu digerakkan menuju menjadi sekolah model.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Zainal Azmi MTPd menuturkan kepada Bengkulu Ekspress kemarin (5/9), sekolah model dan SMPI dirancang untuk mengembangkan sekolah menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.

”Sekolah yang dapat dijadikan sekolah model bagi sekolah lain,” kata Zainal.

Sekolah model, sekolah berbasis standar nasional pendidikan, mencakup delapan standar nasional pendidikan. Meliputi standar lulusan, standar proses, satandar isi, standar penilaian, standar Pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan serta standar sarana dan prasarana. Sekolah model harus mampu bekerjasama dengan instansi lain penerapan program literasi dan penghijauan dan berhasil menjadi rujukan bagi sekolah lainnya.

Dikbud telah mengusulkan calon sekolah untuk dijadikan sekolah model ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hanya saja, baru beberapa sekolah di Bengkulu yang telah berstatus sekolah model seperti, SMPN 11 Kota Bengkulu, SMPN 1 Kota Bengkulu dan SMPN 2 Kota Bengkulu.



“Sekolah model ini sebuah upaya untuk perbaikan program sekolah model. Sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah model akan mengimbaskan pada beberapa sekolah,” jelasnya.

Peningkatan prasarana sekolah model sangat diprioritaskan di SMPN 11. Sekolah itu, saat ini telah dibantu pembangunan ruang kelas baru, serta mendapatkan bantuan pemerintah lainnya. ”Diharapkan dengan adanya sekolah model dan imbas nantinya sistem penjaminan mutu internal akan semakin baik,” tukasnya. (247)