Menu Sekoi Juara Harapan III Tingkat Nasional

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kabupaten Mukomuko yang mewakili Provinsi dan membawa nama Bengkulu dalam rangka lomba cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional yang tengah berlangsung di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, cukup mengharumkan nama Bengkulu.

Ini diketahui, setelah sajian menu Lunch Box, yang bahan utamanya Sekoi atau Jewawut. Hasil penilaian tim juri, Provinsi Bengkulu memperoleh juara harapan ketiga tingkat nasional.“Alhamdulillah Provinsi Bengkulu, meraih juara harapan ketiga untuk tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Junaidi melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Sisri Indriyani dihubungi Bengkulu Ekspress, kemarin (4/11).

”Bahan utama Sekoi dikaloborasikan dengan beberapa bahan lokal lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu. Diantaranya asam pedas kacang merah, sayuran serta remis,” bebernya.

Menu yang Provinsi Bengkulu sajikan itu, mendapatkan penilaian yang cukup bagus. Sehingga diputuskan tim juri nasional sebagai juara harapan tiga. Sekoi atau Jewawut golongan padi -padian dan disebut Serealia yang dijadikan nasi, kata Sisri, selain enak dan lezat.

Juga menyehatkan bagi tubuh manusia. Diantaranya glukosa lebih sedikit, protein tinggi dan tidak ada pemutih. Selain itu juga disajikan sejumlah kue kering yang seluruh bahan mentahnya ada di Provinsi Bengkulu. Piala diserahkan salah satu tim juri yang diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Hj Anitri Choirul Huda. (900



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*