Menteri dan Duta Negara Asing Dijadwalkan Hadiri Festival Tabut Bengkulu

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Festival Tabut, agenda tahunan setiap 1-10 Muharam di Kota Bengkulu segera dilaksanakan. Pada tahun ini, 1 Muharram jatuh tepat pada 10 September 2018. Festival kali ini diharapkan lebih maksimal dari tahun sebelumnya. Karena tahun ini Tabut menjadi event perdana masuk agenda nasional menyongsong Woderfull Indonesia, sekaligus menjadi salah satu penunjang Wonderfull Bengkulu 2020. Terlebih pada para menteri dan duta Negara Asing dijadwalkan hadir menyaksikan event budaya kebanggaan masyarakat Bengkulu ini.

“Pada event Tabut tahun ini, para Menteri dijadwalkan hadir, seperti Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang datang pada malam pembukaan,” terang Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu, Drs. H. Januar Jumaliansyah, kepada bengkuluekspress.com, saat ditemui di ruangannya, Senin (3/9/18).

Januar mengatakan, selain Menpar, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani juga dijadwalkan hadir. Namun putri mantan Presiden Megawati Soekarno Putri ini hadir pada malam penutupan. Tak hanya para menteri, duta besar Negara Kuwait juga dijadwalkan menyaksikan kemeriahan Festival Tabut 2018.

“Kedutaan Negara Kuwait telah konfirmasi dengan kita hadir pada 17 September hingga 21 September mendatang, sekaligus untuk menjalin kerjasama. Sementara duta besar negara lain seperti Bangladesh, Iran, Irak serta India untuk saat ini belum konfirmasi dengan kita untuk dapat hadir atau tidak,” tukasnya.

Untuk persiapan Festival Tabut sendiri, sejauh ini Dispar Provinsi telah berkoordinasi dengan EO (Event Organizer) dan Kemenpar. Selain itu, Januar menjelaskan, Dispar juga telah menjadwalkan promosi event Tabut demi menarik wisatawan. Promosi ini dilakukan mulai Selasa (04/09/18) melalui media lokal dan nasional. (HBN)