Menteri BUMN BantuBangun Jembatan TAP

APRIZAL/Bengkulu EkspressBupati Bengkulu Utara Ir H Mian saat mendampingi langsung Menteri BUMN Rini M Soemarno saat meninjau langsung kondisi Jembatan TAP yang tergerus banjir

Tinjau Langsung ke Lokasi

TAP, Bengkulu Ekspress– Berkenaan kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke Provinsi Bengkulu untuk meninjau langsung titik-titik lokasi yang terkena dampak bencana banjir. Salah satunya di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tepatnya di Jembatan Tanjung Agung Palik (TAP).

Menteri BUMN Rini M Soemarno langsung turun dan meninjau untuk melihat langsung keadaan jembatan tersebut. Dimana sejak tanggal (26/4) lalu, jembatan ini sudah tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat, karena konstruksi jembatan yang sudah sangat mengkhawatirkan.

Usai melihat kondisi secara langsung Menteri BUMN Rini M Sumantri mengatakan, bahwa kedatangan dirinya ini terkait dengan bencana yang telah melanda di wilayah Provinsi Bengkulu. Salah satunya di Kabupaten BU dimana dari dampak bencana banjir banyak infrastruktur yang ada mengalami kerusakan. “Ya memang Provinsi Bengkulu saat ini sedang terkena musibah, maka dari itu kita langsung untuk melihat kondisi Provinsi Bengkulu, salah satunya di Kabupaten BU,” kata Rini.

Rini menambahkan, memang untuk jembatan TAP ini merupakan jembatan yang sangat besar yang merupakan konektivitas yang sangat penting bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari hari. Sehingga nanti pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak menteri PUPR untuk segera memperbaiki. “Untuk sementara kita bantu dulu, Nanti besarannya dari Menteri PUPR,” ujarnya.

Lebih lanjut Rini menyampaikan juga bahwa berdasarkan laporan dari Bupati Bengkulu Utara langsung bahwa selain jembatan TAP juga banyak Jembatan gantung yang rusak akibat banjir, juga akan meperioritaskan hal tersrbut yang merupakan akses masyarakat langsung untuk beraktivitas baik itu anak-anak sekolah, dan masyarakat lainnya.

“Ya Pak Bupati juga mengatakan bahwa sudah ada beberpa jembatan gantung yang rusak total, jadi ini yang kita utamakan dalam CSR BUMN,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian menyampaikan, bahwa berkenaan Menteri BUMN Rini M Soemarno ke Kabupaten Bengkulu Utara untuk meninjau langsung salah satu infrastrukur yang rusak akibat bencana banjir ini adalah berdasarkan laporan data-data kerusakan jembatan yang terjadi di Kabupaten BU yang sangat banyak khususnya jembatan yang dijadikan akses utama oleh masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari.  “Memang, kedatangan beliau untuk melihat langsung, ini berdasarkan hasil laporan data yang kita Maping dimana posisi infrastruktur kita yang amat sangat banyak, terutama jembatan,” sampai Mian.

Mian berharap Menteri BUMN melalui seluruh jajarannya dapat membantu percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan infrastrukur yang bersifat krusial di Kabupaten Bengkulu Utara. “Kita berharap CSR BUMN yang bisa membantu untuk tanggap darurat terutama jambatan-jembatan gantung. Insha Allah Beliau tadi menanggapinya dengan positif akan segera mengarahkan salah satu BUMN dibidang kontruksi untuk membantu mempercepat rehabilitasi dan rekrontuksi infrastruktur jembatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara,” terangnya. Maka dari itu Mian mengintruksikan langsung kepada Dinas PUPR Kabupaten Bengkulu Utara untuk kejar bola terus dan lebih proaktif dengan adanya perhatian dan upaya dari menteri BUMN tersebut.

“Insha Allah dari adanya perhatian dan upaya Menteri BUMN, saya sudah menginstruksikan langsung kepada Dinas PUPR untuk lebih proaktif lagi dan lakukan sistem jemput bola, agar dalam proses pengajuan perbaikan beberapajumlah jembatan yang rusak total bisa disikapi segera dan tidak menunggu pembahasan APBD atau APBN kedapan,” tandasnya.(127/pkt)