Mentan Bantu Handtractor

KOTA BINTUHAN, BE– Kementrian Pertanian melalui Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian, kemarin menyerahkan 3 unit traktor tangan (hand tractor) ke Dinas Pertanian Kaur.
Kadis Pertanian Ir H Herwan melalui Sekretaris Dinas Pertanian Misrlaman SE kepada BE, kemarin (22/9), mengatakan, bantuan traktor tangan tersebut disertai dengan alat pembajak satu set.
“Memang sebelumnya kita mengusulkan proposal ke pusat semuanya 10 unit, namun hanya tiga yang disetujui. Hal ini bisa membantu para petani nantinya,” jelasnya.
Dijelaskannya, dengan bantuan tersebut pihaknya berkomitmen meningkatkan produksi padi. Minimal dapat memanen dua kali dalam setahun karena secara bersamaan tidak hanya traktor tetapi juga bibit dan alat pertanian lain juga akan diberikan pada petani.
Bila petani penerima bantuan itu tidak berhasil peningkatkan produksinya dalam satu tahun, maka traktor tangan akan dialihkan kepada kelompok lain.
“Target ini juga sesuai dengan keinginan pemerintah  peningkatkan produksi padi sebanyak 340 ton setahun, sekaligus mempertahan Provinsi Bengkulu menjadi salah satu daerah swasembada beras, dimana Kaur ikut berpartisipasi,” ujarnya.
Sementara itu, pihaknya akan melakukan verifikasi kelompok mana saja yang akan mendapatkan tarktor tersebut. Saat ini ada sekitar 40 kelompok tani yang mengajukan permintaan.  “Meningat saat ini banyak proposal fiktif, oleh karena itu harus diseleksi dengan baik. Mana yang berhak dan mana yang tidak,” jelasnya. (823)