Menpora Dorong Bengkulu Tuan Rumah PON

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali resmi membuka Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Ke X Se-Sumatera di Provinsi Bengkulu, Sabtu (2/11) yang dipusatkan di Stadion Semarak Sawah Lebar Kota Bengkulu. Pada pembukaan Porwil itu, Menpora meminta Bengkulu bersiap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Bengkulu jika berniat menjadi tuan rumah PON tentu harus mempersiapkan diri. Karena itu masyarakat Bengkulu harus memberikan dukungan ke gubernur agar membawa Bengkulu menjadi tuan rumah PON,” kata Zainudin Amali kepada Bengkuluekspress.com usai membuka Porwil Sumatera ke-X di Provinsi Bengkulu.

Menpora mengatakan, penyelenggaraan Porwil berbeda dengan penyelenggaraan PON. Porwil Sumatera hanya diikuti 10 provinsi di Pulau Sumatera saja. Sedangkan PON diikuti 34 provinsi di Indonesia.

Cabang olahraga yang dipertandingkan di PON, lanjut Zainin, lebih banyak jika dibandingkan Cabor yang dipertandingkan di Porwil Sumatera. Maka perlu persiapan infrastuktur serta sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

“Tadi sudah saya bicarakan dengan pak gubernur bahwa masih banyak yang harus dipersiapkan terkait sarana dan prasarana olahraganya,” jelasnya.

Zainudin sangat mengapresiasi persiapan Provinsi Bengkulu yang telah berhasil sebagai tuan rumah Porwil Sumatera. Provinsi Bengkulu merupakan provinsi ke-10 di Sumatera yang telah menjadi tuan rumah. Untuk pembukan Porwil X berlangsung lancar, tertib dan berharap menghasilkan prestasi bagi atlet untuk menuju pon 2020 mendatang.

“Olahraga merupakan saarana untuk mengembangkan diri dan sebagai pemersatu bangsa. Kami apresiasi kepada koni untuk memberikan kepada daerah Bengkulu menjadi tuan rumah Porwil ke- X ini. Porwil ini merupakan ajang pra-PON. Berharap akan muncul bibit-bibit atlet baru yang siap bertanding tidak hanya di kancah nasional tetapi juga internasional yang bisa mengharumkan nama baik bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, selamat datang dan selamat bertanding untuk seluruh kontingen baik atlet dan official dari seluruh provinsi di Sumatera di Bumi Rafflesia. Rohidin berharap seluruh atlet dapat bertanding secara sportif.

Alumnus UGM itu, juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Menpora Zainudin Amali membuka perhelatan Porwil Sumatera ke-X. Kedatangan Menpora ke Bengkulu, sambung Rohidin, merupakan kunjungan kerja pertama setelah dilantik.

“Saya ingin para atlet yang bertanding di 11 cabor untuk merebut mendali secara sportif. Kita berharap tidak hanya prestasi yang didapat namun memberikan dampak rasa persahabatan, persaudaraan yang ada. Jangn cepat berpuas diri pada capaian yang telah di capai. Salam olahraga,” ujar Rohidim.

Pembukaan Porwil Sumatera ini berlangsung meriah. Pada malam pembukaan itu diawali dengan atraksi 500 pemusik dol dan 250 orang penari kolosal.Pada malam Opening Ceremony Porwil Sumatera ke-X itu, aligus penghidupan api abadi Porwil Sumatera. Selain itu, pertunjukan pesta kembang api dengan dimeriahkan oleh artis ibu kota Virzha dan Citra Scholastika. (HBN/ADV)