Menonton Pertandingan Dari Dalam Bola

bola kameraJUDUL itu bukan kiasan. Tapi saat ini memang telah diciptakan satu teknologi baru, yang memungkinkan penggemar olahraga sepakbola ataupun rugby, menonton pertandingan dari kamera yang terpasang di dalam bola.

Peneliti dari Carnegie Mellon University dan University of Electro-Communications (UEC) di Tokyo mengatakan bahwa kamera mereka dapat digunakan oleh perusahaan TV dan amatir.

Mereka telah mengembangkan software khusus untuk memproses rekaman, memberikan pemirsa gambar yang nyata dari kamera. Sehingga perputaran dan meluncurnya bola di atas lapangan, benar-benar terlihat aslinya.

Karena bola bisa berputar dengan kecepatan 600 rpm sehingga menghasilkan video yang blur, peneliti telah mengembangkan satu teknologi algoritma komputer yang bisa mengkonversi video mentah menjadi hasil gambar yang stabil dan jelas.

Dengan kamera yang tertanam di dalam bola, arah bola bahkan ekspresi pemain saat menerima bola juga bisa terekam dengan baik. Software yang digunakan peneliti, sama dengan yang digunakan oleh tim NASA saat menggabungkan gambar dari planet MARS.

“Kami tertarik bagaimana teknologi dapat mempengaruhi tontonan olahraga,” kata Kodai Horita, salah satu tim peneliti dikutip dari laman mail, Kamis (28/2).

Meski suguhan dari kamera ini akan menampilkan tontonan baru, namun teknologi ini belum tentu disetujui oleh kalangan olahraga. Paling tidak teknologi ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk para pemirsa TV ketika pemain sedang berlatih.(afz/jpnn)