Menkes Dukung Ide Koneksitas Data Puskesmas-RS

nafsiah_mboiJAKARTA — Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi menyambut baik ide perusahaan plat merah yakni PT Asuransi Kesehatan (Askes) yang menggagas pentingnya data-data puskesmas di Jakarta terkoneksi secara online dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada.

“Kita mengharapkan adanya kerjasama dari puskesmas ke rumah sakit dan sebaliknya,” ucap Nafsiah kepada JPNN usai menghadiri acara di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (9/3).

Misalnya, Nafsiah mencontohkan, bila nanti ada pasien yang membutuhkan pelayanan, diharapkan rumah sakit yang ditunjuk dapat segera mengatasi.

“Dimana pun, kapanpun bisa kelihatan dimana ada pelayanan yang paling tepat,” ungkapnya.

Dengan terkoneksinya data puskesmas secara online, Nafsiah yakin dapat memperbaiki pelayanan kesehatan.

“Nanti akan kita mulai di Jakarta terlebih dulu. Insya Allah bisa berjalan dengan baik, karena koneksi itu penting. Pokoknya setiap rumah sakit rujukan, harus bisa untuk gawat darurat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, alat IT yang terpasang di sejumlah puskesmas di Jakarta tersebut, nantinya akan dipakai PT Askses untuk pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Rencananya perangkat IT akan mulai dipasang pada 1 April 2013. (chi/jpnn)