Menjadi Wirausahawan ala Menkeu

pengusahaMenjadi seorang enterpreneur (wirausaha) ternyata tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Hal ini diakui pula oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Agus D.W. Martowardojo. Untuk menjadi seorang enterpreneur, menurut Agus, ada beberapa hal yang harus dikedepankan.

Pertama
Memanfaatkan kesempatan dalam mengelola sumberdaya bisa menjadi value. Agus mengatakan, setiap orang memiliki kesempatan, namun bagaimana mewujudkan kesempatan tersebut masih belum banyak yang bisa.

Kedua
Memiliki sifat climber atau tak mudah menyerah meski dihantam masalah apapun, sehingga mudah bangkit kembali dan memulai dari awal.

Ketiga
Mau belajar dan bekerja keras. Hal ini mengingaat rata-rata seorang enterpreneur berasal dari lingkungan yang memang orang tuanya seorang enterpreneur. Hal ini dilakukan agar merubah pola pikir dari menjadi seorang pekerja menjadi seorang enterpreneur. Jadi tantangannya apakah mau jadi pekerja hingga ke negri orang atau menjadi seorang enterpreneur.

“Rata-rata seorang enterpreneur muncul pada orang yang memang benar-benar berasal dari lingkungan wirausahaa jadi dari kecil mereka sudah diajari. Namun, Enterpreneur itu bisa didik,” jelas Agus. (**)