Mengunjungi Langsung Lokasi Bunga Rafflesia Mekar

Ramai Dikunjungi, Mulai dari Pejabat Hingga Masyarakat Biasa
Ari, pengunjung saat menyaksikan bunga Rafflesia dikawasan Desa Duku Ulu (1)
Fenomena mekarnya bunga Rafflesia di Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur, menjadi perhatian khusus masyarakat khususnya masyarakat Rejang Lebong.  Mekarnya bunga yang terbilang langka tersebut membuat masyarakat penasaran ingin melihatnya langsung.   Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang.  Pengunjung yang datang tidak hanya masyarakat biasa namun juga sejumlah pejabat di Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.
================
ARI APRIKO, 

Rejang Lebong
================
Mengunjungi lokasi mekarnya bunga dengan nama latin Rafflesia Arnoldii tidaklah sulit.  Hanya berjarak sekitar 3 Km dari pusat Kota Curup, kemudian berbelok masuk di kawasan Jalan Desa Duku Ulu atau arah SMKN 1 Curup Timur.  Jarak antara lokasi mekarnya bunga Rafflesia terbilang dekat dengan pemukiman, yaitu hanya berjarang sekitar 200 meter dari jalan umum Desa Duku Ulu sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah mengunjunginya.
Bahkan untuk pengunjung yang menggunakan roda dua lokasi bunga Rafflesia mekar jauh lebih dekat yaitu hanya sekitar 100 meter dari lokasi parkir yang disediakan masyarakat. Pengunjung tidak perlu khawatir akan kehilangan kendaraannya karena masyarakat membuka layanan untuk menjaga kendaraan pengunjung.
Dari lokasi parkir kendaran roda dua ini, pengunjung akan melintasi perkebunan kopi milik Burhanuddin yang tak lain warga Duku Ulu yang menemukan bunga Rafflesia yang mekar tersebut. Bunga yang masuk dalam genus genus tumbuhan bunga parasit ini tumbuh di semak dan rumpun bambu di tanah milik Badarudin. Saat tiba di ujung kebun kopi milik Burhanuddin, sebelum sampai ditempat pengunjung akan menuruni tebing terlebih dahulu sepanjang 10 meter.
Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena warga sekitar sudah menyiapkan tangga, sehinga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjatuh. Sebelum turun melihat langusng bunga Rafflesia, pengunjung terlebih dahulu harus membayar uang masuk sebesar Rp 5 ribu.
Menariknya mereka yang penasaran akan fenomena mekarnya bunga Rafflesia ini bukan hanya dari masyarakat biasa namun juga para pejabat dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Salah satu pejabat yang penasaran melihat bunga Rafflesia tersebut adalah Wakil Ketua I PKK Rejang Lebong, Ibu Erna Syafewi, SPd yang tak lain adalah istri Wakil Bupati Rejang Lebong.
Menurut Burhanuddin, di Rejang Lebong memang ada beberapa kali ditemukan bunga Rafflesia mekar. Salah satunya di kawasan Suban Air Panas.  “Untuk kawasan Duku Ulu ini hanya ini merupakan yang pertama kalinya,” aku Burhanuddin.
Terkait dengan penemuan bunga Rafflesia ini Burhanuddin menjelaskan pertama kali ia temukan pada tanggal 4 Desember lalu.  Ia tidak sengaja menemukan buka tersebut saat hendak mengambil air di aliran sungai kecil yang berada didasar tebing tak jauh dari lokasi mekarnya bunga Rafflesia.
Setelah berhasil menemukan bunga tersebut, dan ia yakin bunga tersebut adalah bunga Rafflesia, kemudian ia bersama warga lainnya berinisiatif menjaganya dan merawatnya bahkan ia bersama warga selain membuat jalan masuk juga memagari bunga tersebut dengan bambu sehingga tidak disetuh pengunjung. Penemuan bunga Rafflesia di kawasan Duku Ulu ini langsung menyebar kemasyarakat Rejang Lebong sehingga banyak yang mengunjunginya.
Meskipun baru satu bunga Rafflesia yang mekar, namun di lokasi tersebut masih ada dua bonggol calon bunga Raffelsia yang diperkirakan akan mekar dalam waktu 1 atau 2 bulan lagi. (**)