Menghidupkan Semangat Pramuka

IST - Walikota berdialog dengan pengurus Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bengkulu. Ia berharap pramuka dapat kembali dimassifkan di Kota Bengkulu.RATU SAMBAN, BE – Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE mengajak kepada setiap sekolah di Kota Bengkulu untuk menghidupkan kembali semangat pramuka. Caranya, menggiatkan kembali program ekstrakurikuler pramuka dikalangan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMU bahkan hingga perguruan tinggi.
“Setiap pelajar hendaknya berperan aktif dalam kegiatan organisasi Pramuka ini. Sebab, Pramuka merupakan bagian penting dari bangsa ini. Bangsa kita tidak bisa lepas dari jasa-jasa yang telah diberikan oleh Pramuka,” kata Helmi tatkala melakukan dialog dengan pengurus Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bengkulu di ruang kerjanya, kemarin.
Helmi pun merasa prihatin lunturnya semangat Pramuka ini dizaman modern saat sekarang. Dalam penilaian walikota termuda ini, sudah sangat jarang para pelajar saat ini yang bersedia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka. “Sudah banyak pelajar yang melupakan betapa pentingnya pramuka dalam kehidupan bangsa ini. Apalagi fasilitas yang dimiliki belum cukup atau memadai,” tegasnya.
Sementara itu, Mariyanti selaku Sekretaris Kwarcab Kota Bengkulu mengatakan, pihaknya belum dapat turut langsung untuk membantu program-program Pemda Kota Bengkulu saat ini. Hal ini disebabkan karena kepengurusan Kwarcab sedang dalam posisi demisioner sejak bulan April 2013 yang lalu. “Kami baru akan membentuk kepengurusan yang baru di bulan depan. InsyaAllah akan kita adakan pertemuannya di Gedung C milik Pemda Kota ini,” ujarnya.
Mengenai kedatangan mereka ke Kantor Walikota, dijelaskannya adalah untuk bersilaturahmi dengan walikota terpilih dan ingin melakukan koordinasi mengenai program yang akan mereka jalankan untuk menyambut pemilihan Kwarcab Kota Bengkulu yang baru.
“Kedepannya kami sudah membuat program agar dalam kurikulum 2013, peserta didik di kota ini wajib mengikuti kegitan extrakulikuler pramuka di setiap sekolah nya masing-masing,” pungkasnya. (009/rls).