Mengetahui Kondisi Kesehatan dengan Melihat Tanda-tanda di Wajah

jerawatTUBUH kita sejatinya memiliki alarm yang memberikan pertanda akan kondisi kesehatan. Pengobatan Tiongkok misalnya. Para ahlinya mengggunakan wajah untuk melihat tanda-tanda adanya gangguan kesehatan pada organ tubuh lainnya. Seperti apa?

Jerawat di dahi

Menurut pengobatan Tiongkok, dahi berhubungan erat dengan sistem pencernaan, sementara area di antara alis berhubungan dengan hati. Konsumsi makanan laut serta alkohol yang berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat di daerah ini namun cepat juga hilangnya. Jika jerawat sering muncul bisa juga mengindikasikan adanya pola makan yang kurang sehat.

Apa yang harus dilakukan: Terapkan pola diet sehat dan konsumsi air putih yang cukup.

Bintik-bintik pada pipi

Ada banyak faktor penyebabnya seperti reaksi alergi terhadap kosmetik atau sprei yang kotor. Namun hal ini juga bisa mengindikasikan adanya masalah pada paru-paru. Bintik-bintik pada pipi merupakan akibat dari adanya gangguan pernapasan. Berdasar sebuah  penelitian perokok, penderita asma dan penderita alergi rentan terhadap munculnya jerawat di pipi.

Apa yang harus dilakukan: Jika diketahui kemunculannya karena alergi kosmetik atau sprei yang kotor, maka segera ganti dengan yang baru. Jika bukan karena alergi, maka segera periksakan kepada dokter.

Jerawat di dagu

Jika jerawat muncul di bawah dagu atau disepanjang garis rahang, boleh jadi merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan hormon. Jerawat di rea ini biasanya juga berhubungan erat dengan siklus menstruasi. Jika jerawat sering muncul di area tersebut atau bercokol dalam jangka waktu lama, hal itu juga bisa menunjukkan adanya gangguan endokrin seperti Sindrom Ovarium polikistik.

Apa yang harus dilakukan: periksa kadar hormon Anda.

Kantong dan Lingkaran gelap di bawah mata

Hal ini umumnya terkait dengan genetik atau diturunkan. Namun, jika tidak ada saudara yang mengalaminya maka kemunculan tanda hitam atau kantong mata biasanya terkait dengan persoalan ginjal. Perubahan warna hiyam menunjukkan adanya penumpukan racun. Selain persoalan ginjal, kemunculan tanda-tanda itu bisa juga berarti adanya anemia karena defisiensi vitamin B12 atau besi.

Apa yang harus dilakukan: Minum banyak air dan kurangi asupan alkohol, garam dan kafein.

Perubahan warna lidah

Lidah dapat menunjukkan beberapa masalah kesehatan. Lidah yang terasa sakit, gatal atau kemerahan bsa mengindikasikan anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi, folat atau vitamin B12. Ketika lidah memiliki semburat kebiruan, itu bisa menunjukkan kurangnya oksigen dalam aliran darah, sementara lesi putih merupakan pertanda sariawan.

Apa yang harus dilakukan: periksakan diri ke dokter.

(TIME OF INDIA/mas/jpnn)