Menerima Berbagai Pelayanan Kesehatan

Foto: DR.dr.Hj.Chandrainy Puri,MSI

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu (RSKJS) mengadakan kegiatan sosialisasi jenis pelayanan yang ada di RSKJ tersebut. Sosialisasi digelar di Aula Ratu Samban itu langsung dibuka oleh Direktur RSKJ Provinsi Bengkulu DR.dr.Hj.Chandrainy Puri, MSI.

Dalam acara sosialisasi itu, pihak RSKJ mengundang sedikitnya ada 45 orang peserta yang berasal dari jajaran Pemerintahan di lingkungan Pemda Kota dan Provinsi Bengkulu yaitu pihak kecamatan, Kelurahan RT, dan Tokoh Masyarakat.

Direktur RSKJ DR dr Hj Chandrainy Puri MSI mengatakan bahwa sosialisasi jenis layanan ini bermaksud agar peserta yang hadir dapat membantu mensosialisasikan atau meneruskan informasi tentang apa saja jenis pelayanan yang ada dan ditangani oleh pihak RSKJ Soeprapto saat ini.



“Selama ini mungkin masyarakat Provinsi Bengkulu hanya tahu bahwa RS Jiwa ini hanya melayani pasien yg mengalami gangguan kejiwaan saja, padahal seiring waktu yg berjalan, RSKJ ini juga banyak memiliki jenis pelayanan kesehatan lainnya, ” Papar Direktur.

Sementara Jenis layanan lain yang ada dan ditangani oleh pihak RSKJ Soeprapto saat ini diantaranya. Pelayanan IGD 24 jam, Poliklinik Kejiwaan berat/ Psikotik, anak dan remaja/autis, Greatrik, Poliklinik Narkoba, Poliklinik gigi dan mulut, Poliklinik syaraf, Poliklinik Penyakit Dalam, Poliklinik Penyakit anak, Layanan Psikologi bimbingan dan konseling serta Psikometri Psikologi tes.

Konsultasi jiwa pemeriksaan kesehatan jiwa lainnya yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu. Semua jenis pelayanan yang ada di RSKJ saat ini telah dilengkapi dengan sarana prasarana yang sesuai dengan standar kesehatan dan telah terpenuhi dengan tenaga ahli yang sesuai dengan kompetensi dalam bidang nya masing- masing, sementara sistem pembiayaan di RSKJS bisa melewati BPJS Mandiri, PNS, JAMKESMAS dan Tenaga Kerja, Pasien Umum.

Untuk pasien BPJS ini syaratnya cukup Kartu BPJS aktif, asli surat rujukan dari Puskesmas atau Dokter keluarga. Khusus untuk penanganan rehabilitasi Narkoba langsung dibiayai oleh pihak Kementrian Kesehatan. RSKJ juga memiliki 7 orang dokter spesialis, 14 orang dokter umum, 4 orang dokter gigi dan 3 orang Psikologis Klinis.

Sementara saat ini RSKJ Soeprapto berstandar tipe B dan terakreditasi Paripurna KARS yang mendapatkan bintang lima. Acara Sosialisasi jenis layanan di RSKJ Soeprapto Bengkulu dihadiri oleh Kepala Biro Ortalag Setda Provinsi Bengkulu, Ketua Ombusdman Bengkulu, Ketua Dewan Pengawas BLUD RSKJS Provinsi Bengkulu, serta para pejabat Struktural RSKJS Soeprapto.(cik12)