Mendikbud dan Andrias Harefa Hadiri PKK UNIB Virtual

Endang/BE
Tim panitia PKK Maba Unib melakukan gladi secara virtual di LPTIK UNIB, Rabu (9/9).

BENGKULU, BE – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKK-MB) Universitas Bengkulu (UNIB) 2020, digelar secara daring (dalam jaringan) atau virtual mulai Rabu (9/9). Peserta PKK-MB tahun ini lebih dari 4.800-an mahasiswa yang tersebar di 8 fakultas yang ada. Pada zoom webinar ada sesi sambutan special dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Selain itu, juga menghadirkan sesi motivasi nasional tentang “Strategi Sukses di Kampus” oleh Andrias Harefa, seorang motivator Nasional kelahiran Bengkulu dan penulis 40 buku best seller.

Ketua Panitia Pelaksana PKK-MB UNIB Agustin Zarkani PhD menuturkan,”Pada zoom webinar ada sesi sambutan special dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Selain itu, juga menghadirkan sesi motivasi nasional tentang “Strategi Sukses di Kampus” oleh Andrias Harefa, seorang motivator Nasional kelahiran Bengkulu dan penulis 40 buku best seller. Peserta mendapatkan sertifikat dan bisa menjadi syarat utama dalam mengajukan beasiswa baik tingkat fakultas maupun universitas.”

Pelaksanaan PKK-MB dua tahap, 10-11 September ditingkat universitas dan 12-13 September di tingkat fakultas masing-masing. Pelaksanaan PKK dipusatkan di Gedung LPTIK UNIB. Guna meyakinkan pelaksanaan acara yang betul-betul prima. Sebelum pelaksanaan dilakukan, panitia terlebih melakukan gladi resik melibatkan tim duta kampus.

“Acara ini begitu penting sehingga panitia akan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi mahasiswa baru, ” ucap ketua pelaksana PKK Universitas, yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian ini.

PKK kali ini mengusung tema “Membentuk Karakter Mahasiswa Berintelektual Tinggi, Inovatif, Moralis dan Berpikir Kritis menuju World Class University” Karena, PKK ini wajib diikuti semua mahasiswa baru maka dikemas sebaik munngkin untuk menghindari rasa bosan peserta mengikuti secara daring.

Pada acara PKK ini ditayangkan lebih dari 22 video profil unit kegiatan mahasiswa (UKM) selingkup UNIB dan ini dibuat dan ditampilkan secara perdana khusus untuk mengisi acara ini. Short movie dan animasi juga akan ditayangkan secara rapi dan apik.

“Maba tahun ini spesial Generasi Garuda Rafflesia ini melalui plaform zoom webinar tingkat fakultas dan zoom meeting untuk tingkat universitas. Melalui zoom webinar ini peluang aksi perpeloncoan kecil terjadi,” katanya.
Masih dikatakan Agustin Zarkani, guna mendukung pelaksanaan PKK UNIB 2020, Universitas memberikan bantuan Kuota data pada mahasiswa baru, besaranya 5-10 GB/orang. Pendistribusian kuota dilakukan dengan cara mendaftarkan nomor handphone melalui laman yang ditentukan. Selanjutnya para mahasiswa diminta untuk mengisi form data diri di bit.ly/PKKUNIB2020 sebagai data dukung pendafaran kegiatan tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Bengkulu Dr Drs Syahrial MA M Phil menyatakan, pelaksanaan PKK virtual ini bersifat wajib guna membekali para mahasiswa baru tentang sistem pembelajaran di Perguruan Tinggi, serta menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

“Dengan melalui PKK-MB memberikan bekal awal agar mahasiswa yang kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global,” ujarnya.

Selanjutnya, keputusan pelaksanaan secara daring/virtual ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 yang jumlah pasien positif masing terus meningkat di berbagai kota termasuk Bengkulu. (247/rls)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*