Mendes PDTT Dijadwalkan Buka Pameran Foto Desa 2018 di Pantai Panjang

pantai-panjang-700x400 (1)
Foto : IST

BENGKULU – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo dijadwalkan akan membuka pameran foto karya pemenang Lomba Foto Desa 2018 di Pantai Panjang Bengkulu, Jumat (17/8).

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi pada Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kemendes PDTT Arief Roesadi menyampaikan bahwa pameran foto yang digelar merupakan salah satu kegiatan dalam menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI dan merupakan satu rangkaian dari penyelenggaraan Lomba Foto yang telah dilaksanakan oleh Kemendes PDTT.

“Kita sudah laksanakan lomba fotonya selama satu bulan pada tanggal 3 Juli hingga 3 Agustus 2018. Hasilnya sudah diumumkan, sekarang kita pamerkan karya fotonya mulai tanggal 16 Agustus hingga 18 Agustus. Dalam kegiatan pameran ini juga kita akan diberikan penganugerahan hadiah kepada para pemenangnya yang rencananya akan diserahkan oleh Pak Menteri,” katanya.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan bahwa lomba foto desa yang bertema Pejuang Desa yang telah dilaksanakan terdiri dari 3 kategori yakni Kategori Umum, Pendamping Desa, dan Jurnalis. Sedikitnya terdapat 5.207 foto yang dikirimkan oleh 1.621 fotographer.

“Dalam pameran ini, kami tampilkan foto-foto yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 untuk masing-masing kategori. Juga 10 nominasi foto terbaik di masing-masing kategori, sehingga semuanya total berjumlah 39 foto,” katanya.

Mengenai maksud dan tujuan dari kegiatan pameran foto ini, Arief menyampaikan bahwa kegiatan pameran ini untuk mempublikasikan hasil lomba yang secara keseluruhan telah menggambarkan geliat pembangunan desa dengan digelontorkannya dana desa selama hampir empat tahun ini.

“Kami berharap foto-foto ini akan dapat dilihat oleh khalayak ramai. Tamu dari berbagai desa atau daerah yang berkunjung ke wisata Pantai Panjang Bengkulu ini bisa jadi terinspirasi dengan adanya foto-foto ini untuk turut berlomba-lomba mempublikasikan kemajuan desanya masing-masing,” katanya.(ril)