Mendagri Belum Respon Pelantikan Bundra

Mendagri-Gamawan-FauziBENGKULU,BE – Pelantikan Bundra Jaya sebagai Bupati Seluma definitif masih menunggu keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Setelah dinaikan ke Kemendagri, hingga saat ini rekomendasi pelantikan tersebut belum turun. “Belum ada kabarnya, surat dari Mendagri belum kami terima. Pelantikan tergantung Mendagri,” kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Drs Hamka Sabri, kemarin.

Ia mengatakan usulan dari DPRD Kabupaten Seluma tentang pelantikan bupati definitif sudah disampaikan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah ke Mendagri. Pemprov Bengkulu belum bisa memastikan kapan pelantikan tersebut digelar. “Pokoknya surat turun, langsung pelantikan,” ujarnya.

Pelantikan Bundra Jaya tetap akan dilakukan, jika tidak ada keputusan hukum yang dapat menghalanginya. Sedangkan bila ada¬† upaya PTUN yang dilakukan oleh Murman Effendi, hal tersebut akan diserahkan kepada Mendagri. “Kalau ada PTUN, sudah ranah Mendagri,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah meminta masyarakat agar tidak terpancing dengan provokasi-provokasi yang bisa menimbulkan keributan. Masyarakat diminta menjaga keamananan dan ketenangan, serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan kepentingan umum.

Anggota DPRD Provinsi Daerah Pemilihan Seluma Siswadi SP mengatakan saatnya mempersatukan warga Seluma, agar tidak terpecah belah. Hal tersebut untuk menghindari konflik sehingga pembangunan dapat dilaksanakan. “Semua pihak harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dan menghindari konflik yang merugikan,” katanya. (100)