Mendagri Apresiasi Pilkades Kaur

Wabup Minta Cakades Kalah Legowo

PANTAU: Mendagri bersama Wabup, Kapolres dan pihak terkait saat memantau langsung pelaksaan Pilkades serentak Kaur 2021, juga Wabup, megdari saat megikuti zoom meeting, Minggu (28/2).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Kaur yang digelar Minggu (28/2), dipantau langsung oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) RI dan Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol Dede AlamSyah SIK.

Kemendagri RI, menurunkan Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Dr. Yusharto Huntoyungi MPd, guna mengetahui secara langsung kondisi pelaksanaan Pilkades serentak 2021 di 115 desa yang tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur.

“Ini sebagai sampel, kami fokus pada pelaksanaan Pilkades Kaur ini. Disini kita laporkan langsung, kami sampaikan ke Kemendagri melalui zoom meeting yang melibatkan ibu Wabup Kaur dan beberapa pihak terkait,” kata Yusharto saat memantau pelaksaanan Pilkades di Balai Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan, Minggu (28/2).

Dikatakan Yusharto, dalam pelaksanaakn Pilkades Kaur tahun 2021 ini pihaknya memberikan apresiasi kepada panitia Pilkades. Sebab dari beberapa sampel yang dilakukannya untuk zomm meeting, dimana penerapan Prokes sangat ketat dan ini sangat penting agar ajang ini tak memunculkan klaster baru Covid-19.

“Dari sebelum pelaksanaan sampai hari H, dari beberapa TPS kami pantau penerapan prokesnya sangat bagus. Karena kami amati baik penyelenggara maupun pemilih sadar akan bahaya virus korona sehingga melakukan prokes,” jelasnya.

Wakil Bupati Kaur Hj Yulis Suti yang juga ikut melakukan zoom meeting dengan pihak Mendagri itu, juga mengapresiasi pantia Pilkades yang selalu mengedepankan Prokes dalam pesta demokrasi ini. Juga ia meminta kepada seluruh kandidat Cakades yang tidak terpilih pada pesta demokrasi itu untuk menerima kekalahan alias legowo.

“Pilkades ini harus kita dukung bersama. Khusus calon Kades yang belum terpilih, saya meminta untuk legowo. Juga kepada seluruh masyarakat harus mendukung calon terpilih, sebab, terpilihnya seorang Kades ini merupakan kemenangan bersama,” kata Wabup.

Sementara itu, Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH yang juga ikuti turun memantau pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa bersama jajaranya dan Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol Dede Alamsyah SIK itu berjalan aman dan lancar. Juga pelaksanaan Pilkades ini antusias masyarakat sangat bagus dengan tingginya tingkat kehadiran warga. Juga warga selalu mematuhi Prokes ditengah wabah Covid-19.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades yang digelar hari ini (kemarin) berjalan aman dan lancar. Masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) dijaga dua orang personel aparat kepolisia dan TNI. Kita tetap minta kepada warga dan simpatisan Kades agar selalu menjaga Kamtibmas,” harap Kapolres. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*